• Selasa, 30 November 2021

Candi Lor Cikal Bakal Nusantara, Gelar Ruwatan Ditengah Hujatan

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 14:14 WIB
Acara Ruwatan di Candi Lor Nganjuk
Acara Ruwatan di Candi Lor Nganjuk

AGTVnews.com - Candi Lor Nganjuk tengah berselimut merah putih. Kain ini menelangkup badan candi yang terbuat dari tumpukan batu bata.

Tidak hanya warna bendera Indonesia saja yang terlihat, namun juga ada selembar kain berwarna kuning berada di sisi kain merah putih.

Nampaknya ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan oleh warga Desa Candirejo Kecamatan Loceret dengan didukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk.

Pada hari Ahad Pon bulan Suro penanggalan Jawa, warga Desa Candirejo selalu menggelar kegiatan ruwatan. Kegiatan ruwatan ini sebagai salah satu cara untuk membersihkan bangsa Indonesia dari segala bencana yang terjadi.

Dalam acara ruwatan tersebut Candi Lor selalu diselimuti dengan bendera Merah Putih yang bersisihan dengan kain kuning keemasan.

Menurut salah satu tokoh budaya Desa Candirejo, Gus Lin, acara ruwatan selalu diadakan di Candi Lor yang merupakan cikal bakal nusantara.

"Sebelum kerajaan-kerajaan besar di Nusantara berdiri dan mempersatukan Nusantara, ada Mpu Sindok yang membangun candi ini. Mpu Sindok adalah raja pertama era Mataram Kuno yang mendirikan kerajaan Medang Kamulan. Inilah mengapa Candi Lor sebagai cikal bakal nusantara," jelas Gus Lin saat dihubungi AGTVnews.com Minggu, 15 Agustus 2021.

Bendera merah putih selalu bersisihan dengan kain kuning memiliki filosofi yakni Kain kuning sebagai perlambang jalan emas menuju kejayaan. Harapan dan doa nya, Indonesia bisa moncer melalui jalan emas tersebut dan mendapatkan kejayaan.

Ruwatan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk nguri-uri budaya Jawa. Untuk tahun ini diadakan secara terbatas dan tidak digelar untuk umum. Meski demikian tidak ada prosesi yang dihilangkan.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gemes, Rafathar Gendong Baby R Mesra, Gak Lagi Cemburu

Sabtu, 27 November 2021 | 07:37 WIB

Penasaran Siapa Nama Anak Kedua Raffi Ahmad, Baby R

Jumat, 26 November 2021 | 16:57 WIB

Sudah Jalani Vaksin, Lisa BLACKPINK Positif Covid-19

Kamis, 25 November 2021 | 08:02 WIB

Asik, Bioskop CGV Blitar Buka Lagi Mulai Tanggal Ini

Jumat, 19 November 2021 | 18:24 WIB

Deretan Pesohor yang Takluk Diroasting Kiky Saputri

Jumat, 19 November 2021 | 06:05 WIB
X