• Jumat, 30 September 2022

3 misteri Pantai Tambakrejo Blitar ini bikin merinding, ada lubang ghaib hingga Nyi Roro Kidul

- Jumat, 23 September 2022 | 09:24 WIB
Tiga misteri Pantai Tambakrejo Blitar ini bikin merinding, ada lubang ghaib hingga Nyi Roro Kidul (Instagram @pantaitambakrejoblitar)
Tiga misteri Pantai Tambakrejo Blitar ini bikin merinding, ada lubang ghaib hingga Nyi Roro Kidul (Instagram @pantaitambakrejoblitar)

AGTVnews.com - Pantai Tambakrejo Blitar. meskipun pantai ini termasuk salah satu wisata favorit yang sering dikunjungi warga Blitar, namun belum banyak warga luar Blitar yang mengenal pantai ini.
 
Hal ini karena masyarakat luar kota Blitar akan lebih mengenal kota ini sebagai wisata monumen sejarah Ir. Soekarno, dan belum mengenal lebih jauh Pantai Tambakrejo ini.
 
Terlepas dari hal itu Pantai Tambakrejo memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pantai Tambakrejo memiliki garis pantai sepanjang 10 kilometer membentang luas dengan air laut yang biru.

Baca Juga: Lokasi Rumah Bunga Kafe Nongkojajar, tongkrongan hits yang punya daya tarik menawan di Pasuruan

Dipadukan dengan hamparan pasir putih yang menawan membuat pantai ini begitu indah.
 
Pantai Tambakrejo terletak di sebelah selatan kota Blitar, tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Jawa timur.
 
Selain keindahannya ternyata pantai ini memiliki beberapa misteri mistis yang cukup menarik untuk diperbincangkan.
 
Dirangkum dari berbagai sumber berikut 3 misteri menarik yang ada di pantai Tambakrejo.
 
1. Lubang Ghaib

Konon Pantai Tambakrejo yang berada di selatan Blitar berhubungan erat dengan penguasa alam ghaib gunung Kelud yang berada di utara.

Baca Juga: Bisa naik balon udara, Pinepoint Coffee and Eatery Prigen, tempat nongki fotogenic bareng keluarga di Pasuruan
 
Saat Gunung Kelud mengalami letusan pasir di pantai ini akan berkurang secara misterius.
 
Menurut penerawangan paranormal yang berada di sekitar wilayah Gunung Kelud pasir di pantai ini berkurang karena adanya lubang khusus atau semacam jalur penghubung yang tidak kasat mata untuk menghantarkan pasir-pasir pantai ke Gunung Kelud.
 
Sehingga pada saat Gunung Kelud mengalami erupsi muntahan materialnya mengandung pasir pantai, tumbuhan hingga batu karang dari laut.
 
Hal tersebut dibenarkan oleh sesepuh yang tinggal di sekitar pantai, dan beberapa warga sekitar pesisir pantai pun sudah tidak heran lagi dengan keanehan tersebut.
 
2. Berhubungan dengan Nyi Roro Kidul

Konon pantai Tambakrejo juga memiliki hubungan dengan penguasa alam ghaib perairan selatan pulau Jawa yaitu Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Puncak Sekawan, spot baru menikmati sunrise di Blitar
 
Mitosnya penguasa pantai selatan akan membantu saat penguasa Gunung Kelud mengadakan hajatan, hajatan yang dimaksud disini adalah erupsi atau letusan.
 
Konon ketika keduanya telah sepakat maka baik penguasa pantai selatan dan Gunung Kelud akan mengerahkan pasukan mereka untuk bekerja.
 
Ganasnya pantai selatan yang sering kali memakan korban jiwa tersebut konon berhubungan dengan adanya penguasa alam ghaib pantai selatan yakni Nyi Roro Kidul.
 
Dan hal itu juga sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat pulau Jawa.
 
3. Ritual larung sesaji

Pantai Tambakrejo juga memiliki acara rutin setiap tahunnya yakni ritual larung sesaji, ritual ini diadakan setiap bulan Oktober dan bertepatan dengan tahun baru Islam.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X