• Jumat, 12 Agustus 2022

Pesona Benteng Van Der Wijck Gombong, Wisata Sejarah Populer Hingga Menjadi Lokasi Syuting Film

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:58 WIB
Pesona Benteng Van Der Wijck Gombong, Wisata Sejarah Populer Hingga Menjadi Lokasi Syuting Film (@bentengvanderwijck/Vivinurdiana)
Pesona Benteng Van Der Wijck Gombong, Wisata Sejarah Populer Hingga Menjadi Lokasi Syuting Film (@bentengvanderwijck/Vivinurdiana)

AGTVnews.com – Salah satu wisata sejarah populer yang ada di Kebumen yaitu Benteng Van Der Wijck.

Benteng Van Der Wijck ini sudah lama didirikan sejak abad ke 18 atau pada tahun 1818.

Pemberian nama untuk Benteng Van Der Wijck ini sebenarnya berasal dari nama salah satu komandan yang memimpin tentara Belanda pada saat itu yakni Van Der Wijck.

Saat memasuki kawasan Benteng Van Der Wijck, kamu bisa melihat keseluruhan cat di setiap sisi bangunannya berwarna merah yang membuatnya terkesan mewah.

Baca Juga: Cuma Rp50 ribu, 4 Wisata Malang Dekat Stasiun ini Bisa Dikunjungi Dalam Sehari

Bangunan benteng ini cukup tinggi untuk bangunan bersejarah yaitu sekitar 10 meter. Padahal rata-rata tinggi bangunan saat itu hanya mencapai 5-7 meter saja.

Jadi, tak perlu heran jika benteng ini termasuk bangunan yang termegah di daerah Kebumen.

Jika kamu menelusuri lebih jauh lagi, kamu bisa menyaksikan barak-barak yang berjumlah 16 barak yang saat itu digunakan untuk peristirahatan para tentara.

Perhatikan saja bagian dalam maupun luarnya, pasti kamu akan berpikir kalau benteng bersejarah ini benar-benar artistik karena bentuknya yang berbeda dengan bangunan lain.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: YOUTUBE WISATA INDONESIA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X