5 Tradisi Unik Suku Madura Jawa Timur, Nomor 1 Sudah Viral

- Jumat, 29 Juli 2022 | 12:29 WIB
5 Tradisi Unik Suku Madura Jawa Timur, Nomor 1 Sudah Viral (Instagram)
5 Tradisi Unik Suku Madura Jawa Timur, Nomor 1 Sudah Viral (Instagram)

AGTVnews.com - Berikut adalah 5 tradisi unik suku Madura yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Suku Madura ternyata memiliki ragam tradisi yang unik dan masih dilestarikan sampai saat ini bahkan tradisi tersebut juga menjadi  tujuan  daya tarik wisatawan untuk datang ke Madura.

Penasaran dengan 5 tradisi unik suku Madura tersebut? Simak ulasannya.

Baca Juga: Gudang Mebel di Kota Blitar Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Berikut 5 tradisi unik suku Madura yakni,

1.Tradisi Karapan Sapi

Karapan sapi adalah tradisi masyarakat Madura yang digelar setiap tahun pada bulan Agustus atau September. Dalam tradisi ini terdapat seorang joki dan dua ekor sapi yang beradu kecepatan berlari untuk sampai ke garis finis.

Joki tersebut berdiri diatas kereta kayu dan mengendalikan arah lari sapi sedangkan  panjang lintasan karapan sapi ini kurang lebih 100 meter.

2.Tok Tok atau Aduan Sapi ala Masalembu

Tradisi aduan sapi ala Masalembu atau biasa disebut Tok Tok adalah kompetisi antara dua sapi yang berhadapan saling sruduk.

Sapi yang diadu biasanya adalah sapi jantan kemudian kedua sapi akan beradu kekuatan hingga salah satu sapi kalah menyerah dan bahkan lari dihadapan lawannya.

Pada umumnya tradisi Tok Tok ini dilakukan pada musim kemarau yakni mulai bulan Juni hingga November pada setiap tahunnya.

Tradisi aduan Tok Tok wajib didampingi oleh orang yang ahli. Jadi, tidak sembarang orang bisa menjadi wasit tok tok ini. Jika bukan ahlinya dapat menyebabkan resiko dan membahayakan orang disekitarnya.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Tulungagung, Tempat Nongkrong Asyik untuk Kaum Muda

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X