• Senin, 17 Januari 2022

Goa Kedungkrombang Serang Blitar, Saksi Perjuangan Pahlawan Diponegoro dan Supriyadi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 08:54 WIB
Menparekraf Sandiago Uno saat berada di Goa Kedungkrombang Serang Blitar. (Nur Ana Alana/AGTVnews.com)
Menparekraf Sandiago Uno saat berada di Goa Kedungkrombang Serang Blitar. (Nur Ana Alana/AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Desa Wisata Serang di Kabupaten Blitar Jawa Timur, menyimpan destinasi wisata yang sangat luar biasa. Tidak hanya keindahan pantai pesisir selatan Jawa namun juga wisata alam berupa goa.

Goa ini belum begitu dikenal masyarakat, karena kalah tenar dengan pesona pantainya. Goa yang terletak di Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur ini disebut warga sekitar sebagai Goa Kedungkrombang

Saat ini Desa Wisata Serang di Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur, masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca Juga: Pekan 7 BRI Liga 1 Tuntas Digelar, Ini Hasil Lengkapnya

Goa Kedungkrombang berjarak 2 km dari pintu masuk Desa Wisata Serang. Tepatnya di Dusun Kedungkrombang, Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Penduduk menamai goa tersebut Kedungkrombang karena banyaknya tanaman bernama Krombang yang tumbuh di sekitar goa. Sementara Kedung dalam bahasa Jawa berarti sumber air.

Saat Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Blitar, dia dan rombongan juga sempat mengunjungi Goa Kedungkrombang.

Baca Juga: Telat Datang Usai Libur, Pemain PSIS Semarang Disanksi Potong Gaji

Sambil berjalan menyusuri goa, Sandi menceritakan Goa Kedungkrombang yang ternyata pernah dijadikan tempat persembunyian prajurit saat Perang Diponegoro.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X