• Kamis, 26 Mei 2022

Situs Astana Gedong Makam Islam Tertua di Tulungagung

- Senin, 27 September 2021 | 13:06 WIB
Situs Astana Gedong di Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo Tulungagung. Warga menjadikan lokasi ini sebagai wisata religi Islam. (Firmanto Imansyah/AGTVnews.com)
Situs Astana Gedong di Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo Tulungagung. Warga menjadikan lokasi ini sebagai wisata religi Islam. (Firmanto Imansyah/AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Situs Astana Gedong diyakini sebagai situs makam lintas masa yang keberadaannya masih dipertahankan di era kerajaan Islam berkuasa.

Dalam situs Astana Gedong dikebumikan tokoh-tokoh penting masa silam dan keluarga kerajaan yang memerintah wilayah Tulungagung.

Astana Gedong terletak di Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo Tulungagung. Lokasinya bersebelahan dengan pemakaman umum desa setempat.

Lokasinya yang mudah ditemukan membuat tempat ini sebagai jujugan ziarah wisata religi dari Tulungagung dan sekitarnya.

Baca Juga: 7 Lokasi Wisata Dekat kampung Inggris Pare Kediri

Arkeolog M Dwi Cahyono, pernah melakukan penelitian situs Astana Gedong ini pada tahun 2020. Dwi Cahyono merupakan arkeolog sekaligus sejarawan asli Tulungagung.

Dwi Cahyono tak ragu ragu menyebut Situs Astana Gedong sebagai situs lintas masa, yang sudah ada sejak jaman Hindu Budha dan tetap dipertahankan saat kerajaan kerajaan Islam berkuasa di Tulungagung.

“Bisa jadi dulu itu adalah tempat yang disucikan, kemudian ketika ada perubahan tetap dipertahankan namun dijadikan lokasi pemakaman keluarga istana," ungkapnya.

Dwi menyebut, bukti bahwa situs ini sudah ada sejak sebelum kerajaan Islam adalah temuan patung arca Budha Aksobya yang kini disimpan di Museum Wajakensis Tulungagung.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X