• Jumat, 21 Januari 2022

Candi Lor Berselimut Merah Putih Ternyata Tradisi BPBD Nganjuk

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 10:22 WIB
Foto proses pemasangan selimut merah putih Candi Lor Nganjuk dilakukan oleh BPBD Kabupaten Nganjuk. (facebook.com/@sukadimr sukadi)
Foto proses pemasangan selimut merah putih Candi Lor Nganjuk dilakukan oleh BPBD Kabupaten Nganjuk. (facebook.com/@sukadimr sukadi)

AGTVnews.com - Candi Lor di Loceret Nganjuk berselimut kain merah putih saat ini tengah viral di media sosial. Aksi pemasangan bendera itu menurut warganet sebagai hal yang bisa merusak benda purbakala.

Dari unggahan warganet di media sosial, diketahui pemasang kain selubung merah putih di Candi Lor berseragam orange dan biru bertuliskan BPBD Kabupaten Nganjuk.

Dari gambar terlihat beberapa orang memanjat badan candi untuk memasang kain tersebut.

Kepala pelaksana BPBD Nganjuk, Abdul Wakid saat dihubungi oleh AGTVnews.com mengakui pemasang kain tersebut adalah pihaknya.

Wakid menyebut kegiatan pemasangan bendera di Candi Lor itu adalah kegiatan tahunan yang rutin diadakan.

Baca Juga: Candi Lor Nganjuk Dipasang Kain Selubung Merah Putih, Netizen Heboh

"Ini kegiatan tahunan sebagai upaya untuk menguri-uri budaya Jawa. Apalagi Candi Lor adalah salah satu cikal bakal Nusantara, peninggalan Mpu Sindok," jelasnya, Minggu 15 Agustus 2021.

Aksi pemasangan bendera ini dilakukan oleh personil BPBD Kabupaten Nganjuk dan sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Diantaranya Dinas Pariwisata kabupaten Nganjuk dan juga BPCB Mojokerto.

"Bendera ini kita bentangkan dan kemudian ditelangkupkan di badan candi. Yang kita lakukan sudah sangat berhati-hati. Untuk menjaga kondisi candi," urainya.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X