• Selasa, 26 Oktober 2021

Fenomena Langit Terbelah di Pacitan, Warga Kaitkan Bakal Ada Gempa

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 20:27 WIB
Fenomena awan memanjang seolah langit terbelah di Pacitan Jawa Timur. (foto: tangkapan layar Youtube)
Fenomena awan memanjang seolah langit terbelah di Pacitan Jawa Timur. (foto: tangkapan layar Youtube)

AGTVnews.com - Fenomena alam berupa awan yang membentang terjadi di langit Pacitan Jawa Timur. Video munculnya fenomena alam tersebut sempat viral di media Youtube.

Dalam unggahan video berdurasi 3.07 menit itu, nampak awan putih membelah langit. di samping kiri dan kanan tidak nampak adanya awan lainnya.

Secara kasat mata, awan tersebut memang terlihat membelah langit Pacitan. Membujur dari utara ke selatan di bagian ujungnya.

Video yang diambil dari lapangan Kodim 0801 Pacitan ini pun ramai diperbincangkan warnaget. Bahkan akun yang menggunggah video tersebut juga kebanjiran komentar.

Warganet ada yang merasa biasa-biasa saja dengan fenomena tersebut. Salah satu akun menyebut itu merupakan asap dari pesawat jet yang terbang melintas langit.

Namun tak sedikit yang mengaitkan munculnya fenomena tersebut dengan adanya gempa besar. "Dalam kepercayaan jawa biasa nya Itu tanda2 Mau ada bencana alam . Disebut dengan "ampak2 Nogo," tulis salah satu akun.

Baca Juga: Kisah Driver Ojol Kembalikan Duit Ratusan Juta Tapi Emoh Dikasih Imbalan

"Masyarakat Pacitan harus waspada, awan vertikal sering dikaitkan dengan awan gempa. Awan seperti ini pernah kejadian Padang, Bengkulu, Jepang dan China Sebelum gempa besar. Semoga hanya kejadian alam biasa," tulis akun lainnya.

Mengutip dari laman Wikipedia, istilah Awan Gempa itu ternyata memang ada. Bahkan banyak ahli yang secara khusus meneliti fenomena ini.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Terkini

Kisah Hamzah 30 Tahun Hidup di Puncak Gunung Wilis

Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:00 WIB
X