• Minggu, 4 Desember 2022

Sejarah Stadion Kanjuruhan Malang, namanya terinspirasi dari sebuah kerajaan yang dipimpin Gajayana

- Senin, 3 Oktober 2022 | 07:41 WIB
Sejarah Stadion Kanjuruhan Malang, namanya terinspirasi dari sebuah kerajaan yang dipimpin Gajayana (Instagram.com/info_stadium)
Sejarah Stadion Kanjuruhan Malang, namanya terinspirasi dari sebuah kerajaan yang dipimpin Gajayana (Instagram.com/info_stadium)

AGTVnews.com - Stadion Kanjuruhan baru-baru ini menjadi saksi bisu sejarah kelam sepakbola Indonesia.

Terbaru, sebanyak 170 lebih orang meninggal dunia saat terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan itu, Sabtu 1 Oktober 2022.

Stadion Kanjuruhan dikenal sebagai home base klub sepakbola Arema FC. Stadion ini terletak di  Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: View hijaunya asli bikin adem, pesona Bukit Waruwangi Banten ini bikin hatimu sejuk

Stadion Kanjuruhan memiliki kapasitas penonton hingga  42.449 orang. Stadion Kanjuruhan mulai dibangun pada tahun 1997 kemudian diresmikan pada 9 Juni 2004 oleh Presiden ke 5 RI Megawati Soekarno Putri.

Nama Stadion Kanjuruhan begitu melekat dengan Kabupaten Malang. Selain karena kultur masyarakat Malang yang menjadi pecinta bola.

Hal itu juga karena nama stadion ini diambil  dari nama  sebuah kerajaan yang pernah berjaya di masa lalu.

Baca Juga: Nikmatnya nampol, resep Terong Balado Bakar tak berminyak ini bikin selera makanmu makin lahap

Nama kerajaan tersebut adalah  Kanjuruhan. Kerajaan Kanjuruhan adalah  kerajaan bercorak Hindu di wilayah yang sekarang dikenal sebagai  Malang.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X