• Jumat, 27 Mei 2022

Gus Maksum Pendekar Tanpa Tanding Kyai Lirboyo

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 19:51 WIB
Gus Maksum terkenal dengan sebutan Kyai Gondrong Berambut Api
Gus Maksum terkenal dengan sebutan Kyai Gondrong Berambut Api

AGTVnews.com - Gus Maksum merupakan Kyai sakti asal Lirboyo. Kesaktian kyai ini sudah kawentar dan dikenal dimana-mana. Sebagai pendekar, kyai ini dikenal sangat pilih tanding. Kemampuan dan kesaktiannya sangat 'dukdeng'.

Gus Maksum terlahir dengan nama Maksum Jauhari. Beliau merupakan putra pasangan dari KH Abdullah Jauhari dan Nyai Aisyah. Gus Maksum adalah putra asli Kediri, lahir di Kanigoro, Kecamatan Kras Kabupaten Kediri pada 8 Agustus 1944. Gus Maksum ini juga merupakan cucu dari pendiri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, yakni KH Manaf Abdul Karim.

Maksum Kecil Dikenal Sebagai Anak Yang Aktif

Sedari kecil, beliau memang dikenal sebagai bocah yang sangat aktif dan tidak bisa diam. Banyak 'keanehan' yang sudah diperlihatkan Gus Maksum Jauhari sedari kecil. Namun karena merupakan seorang 'Gus' mungkin hal ini masih dianggap biasa dan wajar jika terjadi.

 

-

Gus Maksum menempuh pendidikan formal sama dengan orang pada umumnya. Dirinya bersekolah di SD Kanigoro hingga tamat dan melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Lirboyo Kediri. Namun pendidikan ini tidak sampai tamat.

Maksum muda memilih untuk berkelana dan mencari guru untuk belajar mengaji, mencari ilmu silat, tenaga dalam, pengobatan, dan kejadukan atau olah kanuragan.

Maksum menjelajah berbagai tempat untuk memperkaya khasanah diri. Beberapa tempat yang dijadikannya untuk menambah ilmu diantaranya di Kediri, Blitar, Cirebon hingga Karawang Jawa Barat.

Maksum melakoni ini sebagai cara pengembangan dirinya. Guru-guru yang didatangi Maksum di beberapa tempat itupun dikenal memiliki ilmu linuwih.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X