Mengenal Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek yang Dipimpin Oleh Gus Thuba

- Selasa, 24 Mei 2022 | 10:04 WIB
Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek (FP Moloekatan Gus Miek)
Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek (FP Moloekatan Gus Miek)

AGTVnews.com - Gus Thuba Topo Broto Maneges adalah cucu dari Gus Miek. Meskipun masih berusia muda, ia sudah memimpin Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek di Pondok Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Kegiatan Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek diikuti oleh ribuan jama’ah dari berbagai daerah baik di Jawa Timur, maupun dari luar Jawa Timur.

Lalu, apakah itu Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek? Bagaimanakah awal mula terbentuknya? Berikut AGTVnews telah rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Dibuka Lowongan Kerja Sebagai Perawat dan Marketing di PT Kimia Farma Diagnostika, Begini Persyaratannya

Moloekatan adalah istilah yang sering digunakan oleh Gus Miek ketika mengobrol bersama Gus Robert dan Mbah Dahnan Trenggalek.

Moloekatan dalam bahasa kuno yang artinya ibadah tirakat sederhana, namun cepat terbentuknya. Suluk pengikat dan pengangkat masalah problematis dunia dan akhirat.

Sedangkan Dzikrul Ghofilin adalah upaya mencari pegangan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Jacksen F Thiago Cari Pemain Dampingi Samsul Arif di Lini Serang Persis Solo

Menurut Gus Thuba, jika ingin mengamalkan Dzikrul Ghofiln harus memiliki keyakinan dan kemantapan hati. Sebagai makhluk harus senantiasa merasa jauh dari Allah SWT dan berusaha untuk mendekatkan hati kepada Allah SWT.

Pada akhirnya, Gus Robert yang merupakan putra ketiga Gus Miek sekaligus ayah dari Gus Thuba memakai istilah Moloekatan Gus Miek untuk kegiatan acara semaan Al-Qur’an.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X