• Sabtu, 4 Desember 2021

Temuan Hewan Purba di Hutan Tritik Nganjuk Bikin Melongo: Ada Kuda Nil, Kerang Laut hingga Gajah

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:19 WIB
Peneliti memeriksa kondisi temuan fosil di Hutan Tritik. (andik/memo)
Peneliti memeriksa kondisi temuan fosil di Hutan Tritik. (andik/memo)

AGTVnews.com - Arkeolog dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran kembali melakukan penelitian di kawasan hutan Desa Tritik Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

BPSMP Sangiran yang berpusat di Sragen Jawa Tengah melakukan penelitian selama 10 hari. Pada Kamis, 14 Oktober 2021 telah memasuki hari ketujuh.

Dalam penelitian, Arkeolog BPSMP Sangiran menemukan fosil diduga kepala fauna jenis Hippopotamus atau kuda nil. Temuan ini merupakan kesekian kalinya di kawasan yang sama.

Baca Juga: Direktur TV Swasta di Jawa Timur Ditangkap Polres Metro, Siarkan Acara Hoak dan SARA

Pamong Budaya BPSM Sangiran, Iwan Setiawan Dimas menyampaikan, selain kegiatan ekskavasi tanah, tim dari BPSMP Sangiran juga melakukan survey di situs Tritik.

“Sudah beberapa petak Hutan Tritik ditelusuri, hasilnya ditemukan berbagai jenis fosil, baik jenis flora maupun fauna,” ungkapnya seperti dikutip dari koranmemo.com Kamis, 14 Oktober 2021.

Temuan fosil kuda nil ini melengkapi keanehan kawasan hutan Tritik. Dimana kawasan hutan di utara Kota Nganjuk ini merupakan hutan jati di lereng gunung Pandan yang tandus.

Baca Juga: Daftar 18 Kosmetik Berbahaya Temuan Badan POM: Ada Skin Care, Lipstick dan Bedak

Pertama kali fosil ditemukan, lanjut Iwan, dalam kondisi terlihat sebagian kecil saja, berbentuk menyerupai batu andesit. Namun ketika diteliti dengan seksama, fosil itu diperkirakan sudah berumur ratusan juta tahun.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X