• Sabtu, 4 Desember 2021

Kisah Hamzah 30 Tahun Hidup di Puncak Gunung Wilis

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Hamzah, seorang pertapa di Puncak Trogati Gunung Wilis. (tangkapan layar akun Youtube/@Ngetrip Mania)
Hamzah, seorang pertapa di Puncak Trogati Gunung Wilis. (tangkapan layar akun Youtube/@Ngetrip Mania)

AGTVnews.com - Seorang warga bertahan hidup di kawasan puncak Gunung Wilis selama hampir 30 tahun lamanya. Warga tersebut bernama Hamzah berusia sekitar 50 tahun.

Kisah Hamzah tinggal di kawasan puncak Gunung Wilis berhasil direkam seorang pendaki gunung dan diunggah kisahnya di akun Youtube @Ngetrip Mania.

Gunung Wilis merupakan deretan pegunungan yang mempertemukan 6 kabupaten di Jawa Timur, yakni Kediri, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Trenggalek dan Tulungagung.

Dikutip dari akun tersebut pada Minggu, 10 Oktober 2021, Hamzah menceritakan bahwa dirinya telah berada di kawasan Gunung Wilis sejak tahun 1991.

Baca Juga: 5 Hutan Angker di Jawa Timur, Jangan Pernah Kunjungi Jika Penakut

Pada awal hidup di kawasan Gunung Wilis, Hamzah mengaku berpindah-pindah lokasi. Awalnya di kawasan Sedepok untuk melakukan ritual namun masih sering turun gunung.

Saat ini Hamzah bisa dibilang menetap di kawasan Puncak Trogati Gunung Wilis di ketinggian 2.563 M dpl. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan perjalanan 16 jam dari jalur Ponorogo atau Tulungagung.

Hamzah merupakan warga Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Sejak muda, lelaki berperawakan kalem ini memang sudah menyukai tirakat dan semedi.

Penelusuran redaksi di akun Youtube lainnya menemukan penjelasan yang lebih detail mengenai sosok Hamzah. Akun tersebut yakni @Sultan Kediri yang mengunggah video sejak setahun lalu.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X