• Jumat, 28 Januari 2022

Panduan Lengkap Menjadi Juri IBC Bersertifikat

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 06:00 WIB
Salah satu juri IBC, Mulyadi sedang menilai ikan cupang peserta kontes di Kediri Betta Contest beberapa waktu lalu. (foto: Kediri Betta Club)
Salah satu juri IBC, Mulyadi sedang menilai ikan cupang peserta kontes di Kediri Betta Contest beberapa waktu lalu. (foto: Kediri Betta Club)

AGTVnews.com - Kontes ikan cupang atau ikan betta rutin digelar di Indonesia. Setiap bulan selalu ada even kontes yang mengadu kecantikan ikan laga ini.

Dalam setiap kontes selalu dibutuhkan juri penilai. Juri-juri ini merupakan para profesional di komunitas penghobi ikan cupang. Para juri lah yang akan memutuskan mana ikan yang layak disebut juara dalam kontes.

Kontes ikan cupang di Indonesia dikenal ada dua kelompok. Yakni Standar Nasional Indonesia atau SNI dan International Betta Congress atau IBC.

Masing-masing kelompok memiliki penggemar fanatik. Namun belakangan ini kelompok standar IBC mendominasi kontes di Indonesia.

Juri memegang peran penting dalam tiap even kontes. Bila kontes mampu menghadirkan juri IBC bersertifikat, bisa dibilang even itu bergengsi.

Masalahnya, juri bersertifikat IBC di Indonesia jumlahnya hanya sedikit. Tak sebanding dengan agenda show yang hampir tiap minggu di gelar di berbagai kota.

Untuk menjadi seorang juri IBC bersertifikat memang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hingga tulisan ini dibuat, hanya ada 14 orang juri IBC bersertifikat di Indonesia.

Berikut adalah tahapan untuk menjadi juri IBC bersertifikat. Tulisan ini bersumber dari berbagai pihak yang dapat dipertanggungjawabkan.

1. Calon juri IBC wajib mengikuti 3 kali seminar di even sanction show.
Calon juri wajib mengikuti seminar yang diselenggarakan salah satu chapter IBC. Pemateri seminar adalah orang yang ditunjuk oleh ketua IBC di masing-masing area. Indonesia merupakan bagian dari IBC Area 6 dengan ketua Shalan Nasha.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Tips Konsisten Meraih Mimpi untuk Anak Muda

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:54 WIB

Resep Rumahan, Begini Tips Membuat Kue Bulan Pandan

Rabu, 26 Januari 2022 | 13:28 WIB

5 cara Ubah Malas Jadi Poduktif

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:52 WIB

Trik Agar CV Lamaran Lolos Mesin ATS, Lakukan Hal Ini

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB

Resep Membuat Camilan Ringan Kue Leker

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:09 WIB

6 Hal Kecil ini Bisa Bikin Kamu Boros

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:50 WIB

Anda Belum Menemukan Passion? Simak 7 Alasan ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:06 WIB
X