Tips Mengolah Makanan Bersantan Bebas Kolesterol: Tetap Nikmat Namun Sehat

- Minggu, 22 Mei 2022 | 18:00 WIB
Bahaya santan dapat memicu banyak gangguan kesehatan yang tidak boleh diremehkan. Simak di sini! (Instagram @tsaniwismono)
Bahaya santan dapat memicu banyak gangguan kesehatan yang tidak boleh diremehkan. Simak di sini! (Instagram @tsaniwismono)

AGTVnews.com - Makanan bersantan identik dengan penyakit kolesterol. Meski berkaitan erat, banyak di antara kita yang sulit menghentikan kegemaran menyantap makanan bersantan.

Bagi yang tidak mengidap penyakit kolesterol, tidak masalah untuk mengkonsumsi makanan bersantan. Lalu bagimana nasib orang yang terlanjur mengidap kolesterol?

Rahasia sederhana makanan santan agar bebas kolesterol terletak pada cara pengolahannya. Dijamin kolesterol gak akan naik. Mau tahu caranya?

Menurut ahli Gizi Rista Yulianti Mataputun, S.Gz, santan merupakan salah satu bahan makanan sumber lemak. Kategorinya tergolong lemak baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengucap Kata Putus Dengan Pacar, Jangan Baper dan Terjebak Drama

Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, air perahan kelapa ini dapat meningkatkan kadar lemak darah dan obesitas. “Konsumsi santan secara berlebih tentu tidak dianjurkan,” kata Rista.

Dalam santan kelapa tekandung asam lemak dan trigliserida yang mudah dibakar oleh tubuh.

Kendati demikian, kandungan lemak baik dalam santan akan berubah menjadi lemak jenuh jika salah dalam mengolahnya.

Sedangkan lemak jenuh berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh yang berakibat terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X