• Jumat, 2 Desember 2022

Penghobi Wajib Tahu, Ini 3 Organisasi Induk Airsoft Gun di Indonesia

- Rabu, 1 September 2021 | 19:17 WIB
Airsofter yang tergabung dalam HMP Airsoft Kediri. (Wiji Guntoro)
Airsofter yang tergabung dalam HMP Airsoft Kediri. (Wiji Guntoro)

AGTVnews.com - Airsoft gun menjadi salah satu hobi yang saat ini sedang berkembang di Indonesia. Untuk itu dibutuhkan wadah untuk mengatur baik secara aturan, tata tertib maupun organisasi.

Di Indonesia ada 3 organisasi induk olahraga airsoft gun yang menaungi berbagai club/komunitas airsoft gun diberbagai daerah.

Ketiganya yaitu Federasi Airsoft Indonesia (FAI), Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia (PORGASI), dan Airsoft Brotherhood Unity (ABU).

Keberadaan organisasi ini selain sebagai naungan para airsofter juga memberikan sosialisasi tentang penggunaan dan aturan dalam memiliki unit airsoft gun. Sehingga mampu meminimalisir adanya penyalahgunaan.

Salah satunya untuk para airsofter dengan pembekalan tentang tata tertib dan etika pembawaan hingga menggelar kegiatan war game atau skirmish.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Airgun dengan Airsoft Gun

HMP Airsoft Kediri salah satu komunitas airsoft gun di Jawa timur berharap dengan adanya Induk organisasi ini kedepannya tak hanya mampu mewadahi hobi saja namun juga bisa kompetisi resmi untuk mempertandingnya cabang olahraga airsoft gun.

Baik PORGASI, FAI, ABU saat ini juga banyak yang mengusulkan kepada instansi terkait agar airsoft bisa memiliki cabang kompetisi resmi, jadi tidak hanya hobi.

Di airsoft sendiri ada beberapa slot yang sering di pertandingkan dalam event-event, yakni skirmish atau war game, tembak reaksi dan Close Quarter Battle (CQB).

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X