• Minggu, 5 Desember 2021

Polisi Amankan 14 Tersangka Penerbangan Petasan Balon Udara, Pelaku : Ini Tradisi Kami

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:11 WIB
polisi 14 tersangka pelaku penerbangan petasan balon udara (Linda Kusuma )
polisi 14 tersangka pelaku penerbangan petasan balon udara (Linda Kusuma )

AGTVnews.com - Polisi mengamankan 14 tersangka pelaku penerbangan petasan balon udara di Ponorogo. Balon udara yang meledak itu menghancurkan  rumah warga  dan 1 sekolah di Desa Sumoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo.

Tersangka yang diamankan hanya 12 orang saja, sementara 2 tersangka lainnya dikenakan wajib lapor karena masih dibawah umur.

Para tersangka ini menerbangkan petasan balon udara sebagai tradisi untuk merayakan lebaran Idul Adha.

Baca Juga: Liga 1 Kembali Ditunda, Gelandang Persik Kediri Was-was Kick Off Batal

"Petasan balon udara ini meledak dan menimpa rumah warga yakni saudara Lahuri, warga Desa Sumoroto Ponorogo dan sebuah SMP yaknni SMPN Kauman 2," jelas Kapolres Ponorogo, AKBP M Nur Aziz, Senin, 9 Agustus 2021.


Satu diantara tersangka mengaku jika apa yang dilakukannya itu adalah tradisi yang memang dilakukan setiap tahun. Tidak ada penyandang dana untuk pembuatan petasan balon udara ini.

"Kita yang mebuatnya urunan secara sukarela. Bahan-bahan yang diperlukan ini dibeli secara online," ucap salah satu tersangka.

Selain mengamankan tersangka, Satreskrim Polres Ponorogo juga mengamankan beberapa barang bukti lainnya, diantara petasan yang belum meledak, serta serbuk mesiu yang masih tersisa.

Tersangka akan dijerat Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 Jo KUHP Pasal 55 atau 56. Sementara ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara.***

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Kebakaran Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar

Selasa, 23 November 2021 | 13:39 WIB

Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar Terbakar Hebat

Senin, 22 November 2021 | 16:28 WIB
X