Puncak HKN ke-58 di Jombang bertabur hadiah, Bupati beri penghargaan untuk para insan kesehatan

- Jumat, 9 Desember 2022 | 20:06 WIB
Puncak HKN ke-58 di Jombang bertabur hadiah, Bupati beri penghargaan untuk para insan kesehatan (Muji Lestari)
Puncak HKN ke-58 di Jombang bertabur hadiah, Bupati beri penghargaan untuk para insan kesehatan (Muji Lestari)

AGTVnews.com - Puncak peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-58 berlangsung meriah. Acara yang digelar di pendopo kabupaten setempat ini bahkan diwarnai dengan penyerahan berbagai penghargaan kepada insan kesehatan berprestasi oleh Bupati Mundjidah Wahab, Jumat, 9 Desember 2022.

Selain penghargaan, bupati juga menyerahkan ambulans untuk Puskesmas Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan.

Penghargaan yang diserahkan bupati itu antara lain cakupan imunisasi dasar lengkap kepada Puskesmas Wonosalam.

Kemudian Puskesmas Jarakkulon dengan predikat cakupan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) terbaik. Serta Puskesmas Jatiwates dengan kategori non rawat inap terbaik.

Baca Juga: Warung mewah harga murah, Depot Titin Minggiran Kediri ini punya menu kuliner khas Trenggalek

Adapula Ponkesdes berprestasi yang diraih Ponkesdes Sumberaji Kecamatan Kabuh. Serta Puskesmas Cukir mendapatkan pengargaan terbaik Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular. Kemudian kinerja terbaik Puskesmas Rawat Inap UPT Puskesmas Bareng.

Bupat Mundjidah menyerahkan piagam kepada masing-masing Kepala UPT Puskesmas berprestasi ini.

"Sebagai insan kesehatan untuk terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, memeriksakan kesehatannya secara rutin, mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi, serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Bupati Mundjidah mengatakan, dalam peringatan HKN ke-58 ini, Indonesia masih dihadapkan pada situasi wabah global Covid-19.

Meski demikian, lanjut Mundjidah, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Baca Juga: Asal usul nama Lovebird, ternyata diambil dari kebiasaan si burung cantik yang suka begini

"Juga menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri. Jadi masih banyak yang harus kita lakukan," tuturnya.

Bupati Mundjidah berharap, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, dapat membangkitkan semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Jombang dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pasca pandemi Covid-19.

"Dinas kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

AMIN Kalah di TPS Ibunda Muhaimin Iskandar

Rabu, 14 Februari 2024 | 18:47 WIB
X