• Rabu, 30 November 2022

Limbah B3 jadi dilema, anggota Komisi IV DPR RI upayakan kemudahan perizinan

- Jumat, 23 September 2022 | 18:06 WIB
Limbah B3 Jadi Dilema, Anggota Komisi IV DPR RI Upayakan Kemudahan Perizinan (Muji Lestari)
Limbah B3 Jadi Dilema, Anggota Komisi IV DPR RI Upayakan Kemudahan Perizinan (Muji Lestari)

AGTVnews.com - Pengolahan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) menjadi dilema bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di Jawa Timur, utamanya Kabupaten Jombang.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Emma Umiyyatul Chusnah, saat hadir dalam Sosialisasi Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah B3 di salah satu hall hotel di Jombang, Jumat, 23 September 2022.

Emma mengakui pengolahan slag alumunium yang menghasilkan limbah B3 itu menjadi mata pencaharian sebagain orang.

Baca Juga: Top 10 Drama Korea terpopuler di Netflix tahun 2022, seru dan paling banyak ditonton

Jika usaha ini tidak mendapatkan tempat dan izin yang semestinya, maka juga akan mengancam pendapatan dari para pengrajin. Namun disisi lain, limbah B3 juga mengancam lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat.

Untuk itu, dirinya bakal mengupayakan kemudahan izin pengolahan slag alumunium, agar limbah yang dihasilkan juga bisa terolah dengan baik dan benar.

"Kami usahakan agar izinnya dipermudah, tidak usah pakai Amdal (Analisis dampak lingkungan) agar rakyat kecil tetap bisa kerja," ujarnya.

Baca Juga: Mengulik lokasi wisata Kedai Lalie Djiwo Prigen Pasuruan, kafe tersembunyi di tengah hutan pinus dan bisa camp

"Karena kalau tidak ada izinnya mereka juga tidak bisa kerja, tidak dapat uang. Jadi kita upayakan izinnya keluar, dengan catatan limbahnya bisa dikelola dengan baik," tambahnya.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X