• Rabu, 30 November 2022

IJTI Desak Polisi Tangkap Pelaku Intimidasi Jurnalis di Jombang

- Kamis, 1 September 2022 | 21:18 WIB
IJTI Desak Polisi Tangkap Pelaku Intimidasi Jurnalis di Jombang (Muji Lestari)
IJTI Desak Polisi Tangkap Pelaku Intimidasi Jurnalis di Jombang (Muji Lestari)

AGTVnews.com - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengecam keras intimidasi terhadap wartawan yang dilakukan oleh oknum guru SMK Dwija Bhakti (DB) setempat, Kamis, 1 September 2022.

Atas kejadian yang dialami seorang stringer TVOne bernama Muhammad Fajar El Jundy ini, IJTI juga mendesak Polres Jombang segera mengusut tuntas dan menangkap pelaku intimidasi itu.

Ketua IJTI Korda Majapahit (Jombang, Mojokerto, Nganjuk), Agus Suprianto mengatakan, untimidasi terhadap jurnalis yang tengah bertugas adalah ancaman nyata bagi kebebasan pers dan demokrasi yang tengah tumbuh di tanah air.

Baca Juga: Ibu Jadi TKI, Balita 3 Tahun di Blitar Dianiaya Orang Tua Angkat

"Kami mendesak Polres Jombang segera mengambil langkah tegas mengusut serta menangkap pelaku," ujarnya, Kamis, 1 September 2022.

Selain mendesak tangkap pelaku, IJTI juga mendukung sepenuhnya redaksi TVOne dan wartawan yang diintimidasi melalukan upaya hukum atas kasus ini.

IJTI juga meminta kepada Polisi memberi keamanan bagi para jurnalis yang sedang melakukan tugas peliputan.

"Kami juga meminta kepada semua pihak agar tidak mengintimisasi atau mengintervensi kerja jurnalis yang profesional, mengingat kerja para jurnalis dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers," tandasnya.

Baca Juga: Review Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck: Surat Terakhir Hayati

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X