WN Latvia Ditangkap Polisi Usai Kuras Uang Bank Hingga 1,2 Miliar

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:29 WIB
Seorang WN Latvia ditangkap polisi usai kepergok menjalankan kejahatan skimming dengan kerugian 1,2 milyar rupiah. (Ilustrasi: Pexels)
Seorang WN Latvia ditangkap polisi usai kepergok menjalankan kejahatan skimming dengan kerugian 1,2 milyar rupiah. (Ilustrasi: Pexels)

AGTVnews.com - Polda Metro Jaya meringkus Robets Markarjancs (46) warga negara Latvia atas kejahatan skimming ATM selama dua bulan terakhir.

Tak tanggung-tangung, dari hasil kejahatannya, Robert berhasil menguras uang bank di Depok hingga Rp 1,2 milyar.

Metodenya, pelaku mencari data nasabah bank yang yang diincar. Dengan sebuah ATM miliknya, tabungan di rekening nasabah dipindahkan ke rekening miliknya.

Baca Juga: Andhika Pratama Klarifikasi Tuduhan Jadi Sugar Daddy Chandrika Cika

Melansir PMJ News, pemindahan itu dilakukan melalui sebuah gesekan pada mesin encorder yang terhubung melalui aplikasi proton di sebuah laptop.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan data nasabah yang masuk diakses dengan sebuah kartu binance melalui ATM.

"Dari tindak pidana tersangka dari jaringan kelompok Latvia ini dia beraksi kurang lebih dua bulan. Dari hasil perhitungan penydik dan hasil cek ke pihak bank yang dirugikan total kerugian semua Rp1,2 miliar," ujarnya dikutip Jumat, 20 Mei 2022.

Baca Juga: Permintaan Maaf Shin Tae-yong Usai Gagal Bawa Timnas Indonesia Rengkuh Medali Emas SEA Games

Zulpan mengatakan, uang sebesar itu hanya digunakaan 1,5 persennya saja untuk memnuhi kebutuhan hidup Robert sehari-hari.

Sebelum akhirnya ditangkap polisi, Robert terdeteksi beberapa kali pindah persembunyian.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X