• Kamis, 30 Juni 2022

Dua Narapidana Teroris di Lapas Jatim Bebas, Telah Berikrar Setia Kembali pada NKRI

- Minggu, 15 Mei 2022 | 14:51 WIB
Dua Narapidana Teroris di Lapas Jatim Bebas, Telah Berikrar Setia Kembali pada NKRI (Foto: tribratanews.jatim.polri.go.id)
Dua Narapidana Teroris di Lapas Jatim Bebas, Telah Berikrar Setia Kembali pada NKRI (Foto: tribratanews.jatim.polri.go.id)

 

AGTVNews.com - Tindakan pidana teroris yang terjadi beberapa tahun belakangan telah ditangkap, bahkan kini ada yang sudah dilepaskan karena telah memenuhi syarat dan berikrar setia pada NKRI.

Dua orang narapidana kasus narapidana teroris (napiter) bebas dari dua lapas di Jawa Timur, Sehingga membuat total napiter yang bebas selama 2022 menjadi delapan orang. Tahun lalu, napiter yang bebas dari lapas/ rutan di Jatim berjumlah 11 orang.

“Dari delapan, enam dinyatakan bebas murni, dua lainnya mendapatkan hak pembebasan bersyarat,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji seperti dikutip AGTVNews.com dari tribratanews.jatim.polri.go.id Minggu 15 Mei 2022. 

Baca Juga: Fakta Pemain KKN di Desa Penari, Tak Banyak yang Menyadari Ada Nama Aktor Senior Jadi Sosok Ini

Menurut Zaeroji, dua napiter yang mendapatkan hak pembebasan bersyarat karena telah memenuhi beberapa syarat. Salah satunya berikrar setia kepada NKRI.

Sedangkan enam napiter yang bebas murni telah menjalani pidana badan sesuai putusan pengadilan. Keenamnya tercatat belum menyatakan ikrar setia ke NKRI. Salah satunya adalah satu napiter yang baru bebas dari Lapas IIA Sidoarjo. Napiter berinisial AF dinyatakan bebas murni pada 12 Mei 2022 lalu. “AF bebas setelah menjalani masa hukuman 9 tahun pembinaan di lapas,” lanjut Zaeroji.

Sementara itu, satu lagi napiter yang dinyatakan bebas adalah GJP. Bedanya, GJP bebas melalui program integrasi pembebasan bersyarat. Sehingga, meskipun bebas, GJP masih di bawah pengawasan Balai Pemasyarakatan. “GJP wajib melapor setiap minggunya ke Pembimbing Kemasyarakatan yang menanganinya,” terang Zaeroji.***

 

Editor: Eva Rohilah

Sumber: tribratanews.jatim.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X