• Kamis, 30 Juni 2022

Menengok Tradisi Waisak di Buddha Tidur Mojokerto, Patung Terbesar di Indonesia

- Minggu, 15 Mei 2022 | 08:02 WIB
Menengok Tradisi Waisak di Buddha Tidur Mojokerto, Patung Terbesar di Indonesia (Putratravel.net)
Menengok Tradisi Waisak di Buddha Tidur Mojokerto, Patung Terbesar di Indonesia (Putratravel.net)

AGTVnews.com - Umat Buddha di seluruh Indonesia akan merayakan hari Raya Waisak pada Senin, 16 Mei 2022 besok.

Salah satu tempat yang menjadi pusat konsentrasi umat ini adalah Patung Buddha Tidur yang ada di Komplek Maha Vihara Mojopahit, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Dikutip dari clicks.id, rencananya umat budha dari berbagai wilayah di Indonesia akan mengikuti prosesi detik-detik waisak 2566 BE yang jatuh besok Senin atau pada 16 Mei 2022 mendatang di Maha Vihara Mojopahit.

Baca Juga: 6 Fakta Wanita Tewas di Kamar Hotel Kediri Diduga Korban Pembunuhan, Nomor 4 Tidak Diduga

Sebelum puncak peringatan Waisak tiba, umat budha dijadwalkan akan menggelar ritual pradaksina dengan mengelilingi patung budha tidur serta tradisi berbagi untuk sesama.

Seperti biasa, setiap tahun umat Buddha disana juga kerja bakti membersihkan Patung Buddha Tidur. Patung Buddha terbesar di Indonesia ini pun telah kelar di bersihkan beberapa hari lalu, tepatnya pada Jumat, 6 Mei 20222.

Patung budha tidur atau biasa disebut sleeping budha ini memiliki panjang 22 meter dan tinggi 4,5 meter ini dimandikan dengan menggunakan air. Sejumlah bagian patung ini dibersihakan dari debu dan karat agar terlihat mengkilap.

Baca Juga: Ini Kronologi WanitaTewas di Kamar Hotel Kediri, Diduga Korban Pembunuhan

Pendeta Maha Vihara Majapahit, Romo Soenarto mengatakan, penyucian sudah menjadi tradisi umat budha sejak pertama dibangun pada tahun 1993.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X