• Jumat, 27 Mei 2022

Tumpukan Sampah Pemudik di Tanjung Pinang Mencapai 300 Ton Lebih

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:09 WIB
Pemulung sedang memunguti sampah du TPA Jatibarang. DLH Jateng mencatat kenaikan sampah selama Lebaran 2022. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Pemulung sedang memunguti sampah du TPA Jatibarang. DLH Jateng mencatat kenaikan sampah selama Lebaran 2022. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

AGTVnews.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Riau mencatat volume sampah yang dihasilkan pemudik mencapai 315,27 ton.

Penghitungan volume sampah pemudik ini didapat dari tumpukan yang terjadi diangkut petugas kebersihan dari Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Pelabuhan ASDP Pulau Dompak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang Riono mengatakan produksi sampah oleh pemudik itu terjadi pada periode 29 April hingga 8 Mei 2022.

Baca Juga: 12 Tempat Angker di Kediri, Nomor 3 Sering Jadi Lokasi Uji Nyali

Selain itu DLH juga mencatat terjadinya kenaikan produksi sampah yang dilakukan masyarakat setempat selama Hari raya Idul Fitri 1443 H.

Adapun jumlah produksi sampah warga lokal pada periode yang sama menumpuk hingga 827,5 ton.

"Rata-rata per hari sampah yang diproduksi oleh pemudik dan warga Tanjungpinang mencapai 114,2 ton, meningkat dibanding hari biasa sebelum puasa dan idul Fitri yang hanya mencapai 90-93 ton," ujarnya melansir Antara, Jumat, 13 Mei 2022.

Baca Juga: BRIN Minta Masyarakat Waspadai Potensi Tsunami Akibat Erupsi Anak Gunung Krakatau

Dikatakannya jumlah produksi sampah sebesar itu masih dapat ditekan hingga 22 persen berkat keberadaan bank sampah.

48 bank sampah di Tanjungpinang mampu menekan produksi sampah selama Lebaran.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X