• Jumat, 27 Mei 2022

BRIN Minta Masyarakat Waspadai Potensi Tsunami Akibat Erupsi Anak Gunung Krakatau

- Jumat, 13 Mei 2022 | 13:48 WIB
BRIN Minta Masyarakat Waspadai Potensi Tsunami Akibat Erupsi Anak Gunung Krakatau (Foto: Istimewa)
BRIN Minta Masyarakat Waspadai Potensi Tsunami Akibat Erupsi Anak Gunung Krakatau (Foto: Istimewa)

AGTVNews.com - Pada Senin 18 April 2022 lalu, Gunung anak Krakatau kembali mengeluarkan erupsi dan abu vulkanik, bahkan levelnya naik ke level III atau siaga tiga, warga di sekitar wilayah itu dilarang mendekat. 

Kini setelah tiga minggu berlalu, Kepala Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Widjo Kongko mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi tsunami akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

Pakar tsunami tersebut menuturkan berdasarkan data dan hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, terdapat peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau dari Waspada atau Level 2 ke Siaga atau Level 3.

Baca Juga: Khawatir Ternaknya Mati Akibat PMK, Warga Lumajang Rela Jual Sapi Harga Murah

"Ini menunjukkan adanya potensi ke arah erupsi dan dapat berpotensi menimbulkan tsunami," sebagaimana dikutip AGTVNews.com dari Antara hari ini Jumat 13 Mei 2022. 

Untuk perkiraan besar kecilnya dampak tsunami, ia mengatakan tergantung dari pemicu sumbernya, yakni seberapa besar aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau dan volume longsoran kaldera atau lava yang dimuntahkan.

Menurut dia, hasil kajian pemodelan tsunami yang telah dilakukan untuk kejadian erupsi akhir 2018 dapat dijadikan acuan untuk potensi tsunami ke depan apabila ada erupsi Gunung Anak Krakatau, terutama memprediksi waktu tiba tsunami di pantai dan perkiraan tingginya.

Baca Juga: SEA Games 2021: Garuda Muda Siap Tempur Lawan Filipina U23, Shin Tae-yong: Kami Dalam Kondisi Bagus

Widjo menuturkan pemerintah telah berupaya membuat program mitigasi tsunami dari tingkat hulu hingga hilir. Sebagai contoh, di tingkat hulu terdapat sistem peringatan dini apabila akan terjadi tsunami dan diseminasi informasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X