• Jumat, 27 Mei 2022

Puluhan Sapi di Jombang Suspek PMK, 5 Ekor Mati Mendadak

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:16 WIB
Puluhan Sapi di Jombang Alami Gejala PMK, 5 Ekor Mati Mendadak (Muji Lestari)
Puluhan Sapi di Jombang Alami Gejala PMK, 5 Ekor Mati Mendadak (Muji Lestari)

AGTVnews.com - Dinas Peternakan Kabupaten Jombang mencatat 96 ekor sapi disana suspek virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Bahkan, 5 diantaranya mati secara mendadak.

Sapi-sapi yang mati tersebut semuanya masih berumur anakan (Pedet) dan masih menyusu. Semuanya mati dalam kurun waktu hampir bersamaan setelah indukannya dinyatakan suspek PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).

Kelima sapi itu merupakan milik warga di dua kecamatan yakni warga Desa Pulorejo Tembelang dan Desa Sidolegi Kecamatan Wonosalam.

Baca Juga: Pantangan Pernikahan dalam Adat Jawa Kebo Berik, Begini Solusinya

Kepala Dinas Peternakan Jombang, Agus Susilo Sugioto mengatakan, puluhan sapi yang suspek terjangkit PMK ini tersebar di empat kecamatan diantaranya Kecamatan Tembelang, Wonosalam, Mojowarno dan Kecamatan Kabuh.

"Sampai laporan kemarin sore ada sekitar 96 sapi yang kena itu ada di 3 kecamatan, di Sidolegi Wonosalam, kemudian Grobogan Mojowarno dan Pulorejo Tembelang, terakhir ini ada di Kabuh ada di Desa Manduro, itu semua masih menunggu lab nya nanti hasilnya akan kita sampaikan," ujarnya, Kamis, 12 Mei 2022.

Lima anakan sapi yang mati itu tak tertolong setelah kondisinya buruk. Semuanya tidak mau menyusu induknya lantaran induknya dalam kondisi tak baik diduga terinfeksi PMK.

Baca Juga: Tidak Ingin Lengah, Kapolri Terus Awasi Penerapan Kebijakan Larangan Ekspor Minyak Goreng

"Yang mati ada 5 semuanya pedet masih sapi anakan, karena mereka nggak makan rumput makanya hanya mengandalkan susu induknya, jadi kalau sakit susu ndak enak, jadi nggak mau minum susu lalu mati," terangnya.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X