• Rabu, 5 Oktober 2022

Gegara Wabah PMK, Pemprov Jatim Tutup Pasar Hewan di 4 Daerah ini

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:57 WIB
Gegara Wabah PMK, Pemprov Jatim Tutup Pasar Hewan di 4 Daerah ini (Pixabay)
Gegara Wabah PMK, Pemprov Jatim Tutup Pasar Hewan di 4 Daerah ini (Pixabay)

AGTVnews.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menutup sementara pasar hewan di empat daerah yang menjadi lokasi temuan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

Empat daerah itu diantaranya Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Lamongan. Selain itu, mulai hari ini Pemprov Jatim juga telah mengusulkan penetapan status Wabah PMK pada daerah yang dinyatakan positif dan membatasi lalu lintas ternak dari dan menuju daerah wabah.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran PMK di daerah lain.

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Hindari 9 Hal ini Agar Perjalananmu Aman

“Hasil rapat koordinasi memutuskan berbagai upaya pencegahan agar penyakit tak menyebar, salah satunya penutupan pasar hewan,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, dikutip dari Antaranews.com, Sabtu, 7 Mei 2022.

PMK merupakan penyakit hewan akut yang menyerang ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, dan babi dengan tingkat penularan 90 persen sampai 100 persen.

Berdasarkan data Pemprov melalui Ditjen PKH Kementan, tanda klinis PMK pada hewan ternak meliputi demam tinggi mencapai 39-41 derajat celcius, keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, kemudian juga luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, dan kaki pincang.

Baca Juga: WNA Rusia Foto Tanpa Busana di Pohon Sakral Bali Dideportasi Meski Sudah Minta Maaf, ini Alasannya

Selanjutnya, luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, nafas cepat, produksi susu turun drastis hingga menjadi kurus.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X