• Sabtu, 28 Mei 2022

Waspada Gempa Besar Intai Selatan Jawa Timur, Potensi Timbulkan Kerusakan

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 22:33 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)



AGTVnews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di Jawa Timur adanya potensi gempa bumi dengan kekuatan besar yang akan terjadi.

Gempa dengan kekuatan besar yang terjadi ini diprediksi akan mengakibatkan kerusakan berat.

Kepala Pusat Seismologi Teknik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  Rahmat Triyono, menyebut gempa ini akan menimbulkan kerusakan luar biasa hingga tsunami.

Baca Juga: Gagal Kalahkan Indonesia, Media Vietnam Sebut Pemain Timnas Indonesia Pintar Akting

"Skenario terburuk ada di selatan Jawa dengan skala VI VII MMI. Bisa mengakibatkan tsunami hingga 29 meter," kata Rahmat seperti dikutip AGTVnews.com dari Antara, Sabtu 18 Desember 2021.

Potensi gempa akan menyebabkan kerusakan yang berdampak terhadap 200-250 kilometer dari bibir pantai dengan sumber gempa sudah ada di sana dengan magnitudo 7,0, termasuk di daratan.

BMKG mencatat selama kurun lima tahun terakhir, terjadi peningkatan terhadap aktivitas kegempaan di wilayah selatan Jatim tersebut.

Baca Juga: Gus Miftah Ungkap Rahasia Rumah Warga yang Selamat Dari Erupsi Semeru

Sepanjang tahun 2013 hingga 2015, jumlah gempa bumi di Jatim dengan beragam magnitudo terjadi kurang dari 230 kali per tahun.

Namun, pada 2016 hingga 2020, jumlah gempa bumi dengan beragam magnitudo itu meningkat menjadi lebih dari 450 kali setahun.

Bahkan pernah mencapapai frekuensi tertingginya terjadi hingga 655 kali yaitu pada 2016.

Baca Juga: Pemilik Weton dengan Kekuatan Spiritual Besar karena Disuka Khodam Sakti

Sebelumnya, gempa tektonik dengan magnitudo 5,0 terjadi di wilayah selatan Jatim yang berpusat di laut pada jarak 43 km arah barat daya Kota Jember.

Akibat gempa tersebut sedikitnya 46 unit rumah rusak dengan rincian 34 unit mengalami rusak ringan, 11 unit mengalami rusak sedang, dan 1 unit rusak berat.

Sementara  5 unit fasilitas umum berupa 4 sekolah dan 1 aula balai desa juga terdampak gempa tersebut.***

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X