Ibu rumah tangga dominasi kasus HIV baru di Kabupaten Blitar, ini penyebabnya

- Rabu, 30 November 2022 | 19:28 WIB
pengidap HIV di Blitar mayoritas ibu rumah tangga. (pixabay.com )
pengidap HIV di Blitar mayoritas ibu rumah tangga. (pixabay.com )

AGTVnews.com - Ibu rumah tangga mendominasi kasus baru HIV/AIDS di Kabupaten Blitar.

Hal ini terlihat dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar yang mencatat hingga 30 November 2022, jumlah kasus baru HIV/AIDS mencapai 109 orang.

Dari 109 kasus baru HIV/AIDS, 25 diantaranya adalah ibu rumah tangga (IRT).

Kemudian 20 orang pengindap HIV / AIDS lainnya tidak diketahui pekerjaannya, 17 orang nelayan, petani dan peternak, 17 orang wiraswasta, 8 orang karyawan, 8 orang lain-lain, 6 orang buruh kasar, 3 orang penjaja seks, 2 orang siswa dan mahasiswa, 1 orang sopir, 1 orang tenaga profesional non medis, dan terakhir 1 orang pensiunan PNS.

Baca Juga: Toping sayuran hingga tulang muda sapi Tahu Campur di Jombang ini gurihnya minta ampun lho

"Ratusan kasus baru ini kami ketahui berdasarkan konseling. Saat wawancara juga ditanyakan pekerjaannya. Dan yang terbanyak mereka mengaku sebagai IRT," kata Eko Wahyudi, Subko Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinkes Kabupaten Blitar, Rabu 30 November 2022.

Eko mengaku tidak tahu secara pasti, apakah orang yang mengaku sebagai IRT itu mempunyai kegiatan lain atau tidak. Karena saat konseling, mereka hanya menyebutkan sebagai IRT.

Baca Juga: Deretan bahan makanan pengganti MSG yang menyehatkan, emak-emak nyesel tahu gak dari dulu

"Demikian juga soal penularannya, kami belum bisa memastikan. Apakah tertular dari suaminya, pasangan lain, atau karena jarum suntik. Karena kalau seperti itu, harus dilakukan wawancara mendalam," jelasnya.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X