• Rabu, 30 November 2022

Jaga Predikat Kota Toleran, Kota Kediri launching Kampung Moderasi Beragama

- Selasa, 22 November 2022 | 10:02 WIB
wujudkan sebagai kota toleransi, Kota Kediri launching  Kampung Moderasi Beragama (Diskominfo Kota Kediri)
wujudkan sebagai kota toleransi, Kota Kediri launching Kampung Moderasi Beragama (Diskominfo Kota Kediri)

AGTVnews.com - Kota Kediri melaunching kampung moderasi beragama, Senin 21 November 2022 malam.

Launching kampung moderasi beragama ini digelar Pemerintah Kota Kediri bersama dengan FKUB Kota Kediri.

Saat ini Kota Kediri masuk 10 besar kota paling toleran di Indonesia, berdasarkan hasil survey dari SETARA Institut tahun 2021.

Ketua FKUB Kota Kediri, Muhammad Salim, mengatakan kampung moderasi beragama merupakan bentuk manifestasi dari upaya Pemerintah Kota Kediri bersama FKUB untuk menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Eksotisnya Bukit Seloringgit, keindahan alam Pegunungan Anjasmoro Jombang siap memacu adrenalin pendaki pemula

"Kampung moderasi adalah pengejawantahan dari konsep moderasi beragama. Hal ini merujuk kepada sikap dan upaya menjadikan agama sebagai dasar dan prinsip untuk selalu menghindarkan perilaku ekstrem (radikalisme) dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa Indonesia," ucapnya.

Dikatakannya ada tiga indikator utama dalam pembentukan kampung moderasi beragama. Ketiga indikator tersebut meliputi indeks toleransi, tingkat kesetaraan dan indeks kerjasama.

Baca Juga: 3 kuliner kota Malang yang sangat enak, sudah ada sejak jaman penjajah, sangat legendaris

"Harapannya kedepan nanti akan bermunculan kampung moderasi beragama yang lain di kelurahan-kelurahan yang lain. Targetnya seluruh wilayah Kota Kediri menjadi kota moderasi beragama",tuturnya.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X