• Selasa, 5 Juli 2022

Status Aktif Normal Gunung Kelud Aman Untuk Aktifitas Warga

- Kamis, 27 Mei 2021 | 18:09 WIB
Aktif Normal Gunung Kelud Aman Untuk Aktifitas Warga
Aktif Normal Gunung Kelud Aman Untuk Aktifitas Warga

AGTVnews.com - Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung ini berada di dua wilayah yakni Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar.

Mengantisipasi adanya kejadian tidak terduga dari aktifitas gunung berapi ini, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau langsung pos pantau gunung Kelud. Pos ini terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Kamis (27/5/2021).

Dari pantauan yang dilakukan, diketahui jika aktifitas gunung Kelud dalam kondisi aktif normal. Dalam kondisi ini gunung Kelud aman untuk aktifitas warga dan juga untuk kegiatan pariwisata.

| simak video berita terkait:

"Tidak ada hal krusial yang terjadi untuk aktifitas di Gunung Kelud. Dari kecepatan angin, kegempaan, semua dalam level aman. Alat seismograph juga sudah diganti dengan yang digital, jadi sensitifitasnya lebih akurat," jelas Bupati.

Sementara itu, kepala pos pantau Gunung Kelud, Khoirul Huda mengatakan meski status gunung kelud aktif normal, namun masyarakat dilarang untuk melakukan aktifitas di dekat kawah.

"Suhu kawah cukup tinggi, selain itu ada kandungan kimia juga yang takutnya bisa membahayakan. Untuk warga yang berkatifitas mencari rumput, berladang, masih diperbolehkan, asalkan tidak berada di kawasan kawah," pungkasnya.

Gunung Kelud merupakan tempat wisata alam yang manyedot antusiasme dari wisatawan. Lokasi ini menjadi wisata andalan di Kabupaten Kediri.***

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X