• Jumat, 30 September 2022

Wakil Bupati Blitar Beberkan 3  Alasan Menutup Padepokan Gus Samsudin

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Wakil Bupati Blitar Beberkan 3  Alasan Menutup Padepokan Gus Samsudin/ Wabup Rahmat Santoso menyerahkan surat hasil assessment kepada kuasa hukum Gus Samsudin (Nur Ana Alana)
Wakil Bupati Blitar Beberkan 3  Alasan Menutup Padepokan Gus Samsudin/ Wabup Rahmat Santoso menyerahkan surat hasil assessment kepada kuasa hukum Gus Samsudin (Nur Ana Alana)


AGTVnews.com - Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso membeberkan tiga alasan menutup Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Tiga alasan itu, diungkap Wabup Rahmat Santoso saat menyampaikan hasil assessment soal keberadaan Padepokan Nur Dzat Sejati di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa, 9 Agustus 2022.

Alasan  penutupan dan penghentian kegiatan Padepokan Nur Dzat Sejati yang disampaikan Wabup Rahmat Santoso yang pertama adalah karena izin surat penyehat tradisional (STPT) Dengan nomor 503/008/409.117/DPMPTSP/STPT/III/2021 tertanggal 10 Maret 2021 atas nama Samsudin sudah tidak sesuai dengan kondisi aktual yang ada.

Baca Juga: Lama Menjada Ternyata ini Alasan Ayu Ting Ting Tak Kunjung Menikah, Gegara Permintaan Bilqis ini

"Yang izin pijat tradisional ini dicabut. Ini dikeluarkan tahun 2021 oleh Dinkes dan karena Dinkes sudah mencabut izinnya ya otomatis Pemkab juga mencabut," ujar Wabup Rahmat.

Kemudian, yang kedua  karena kegiatan majelis taklim dan kegiatan menyerupai pondok pesantren tidak memiliki izin  sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 29 tahun 2019.

Selanjutnya, soal penyelenggaraan pesantren diatur dalam PMA nomor 30 tahun 2020.

"Kalau mau membuka pondok pesantren dan majelis taklim ya harus mengurus izin dulu di Kemenag," tegasnya.

Baca Juga: Optimalkan Kinerja Operator TIK Kelurahan dan Kecamatan, Diskominfo Kota Kediri Gelar Monev Trisemester

Dan yang ketiga, kegiatan usaha yayasan Padepokan Nur Dzat Sejati belum memenuhi persyaratan dasar perizinan sebagaimana diatur dalam PP nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis resiko.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tawuran viral di Blitar, polisi tangkap 7 pemuda

Selasa, 27 September 2022 | 17:24 WIB
X