• Sabtu, 13 Agustus 2022

Puncak Hari Jadi Blitar ke-698 Dimeriahkan Dengan Festival Pecel

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:51 WIB
Hari Jadi Blitar ke-698 Dimeriahkan Dengan Festival Pecel Puncak (Nur Ana Alana)
Hari Jadi Blitar ke-698 Dimeriahkan Dengan Festival Pecel Puncak (Nur Ana Alana)

AGTVnews.com - Hari Jadi Blitar ke-698 digelar di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat, 5 Agustus 2022

Puncak peringatan Hari Jadi Blitar diawali dengan Pisowanan Agung. Usai acara inti yang berjalan sakral dan mengedepankan unsur budaya peringatan hari bersejarah bagi Blitar itu  juga dimeriahkan festival pecel.

Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, pada momen perayaan Hari Jadi Blitar ke -698 ini juga digelar festival pecel sebagai upaya mempromosikan salah satu kuliner khas Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Shanaya Resort Malang, Glamping Murah yang Cocok untuk Honeymoon

Hal ini sesuai tema Hari Jadi Blitar ke-698 yakni, Ekonomi Bangkit Menuju Masyarakat Yang Maju dan Sejahtera.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, lintas sektor, lintas bidang dan lintas ilmu untuk memaknai Hari Jadi Blitar ke 698 sebagai momentum untuk bangkit, bergotong royong, bersinergi dan berkolaborasi. Utamanya bangkit di bidang perekonomian," ujar Rini Syarifah.

"Festival pecel ini juga sebagai salah satu upaya kami untuk kembali mengangkat perekonomian melalui kuliner pecel khas Blitar. Karena sambel pecelnya, memiliki rasa daun jeruk dan kencur lebih kuat. Jadi, semua kalangan harus tahu bahwa pecel Blitar itu berbeda dengan pecel dari daerah lain," imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan bahwa, Blitar merupakan tanah bersemayamnya raja-raja agung nusantara atau disebut juga tanah para raja (Land of Kings).

Beberapa raja besar yang dimakamkan di Blitar, diantaranya Anusapati, Ranggawuni atau Wisnuwardhana, dan Raden Wijaya atau Kertarajasa Jayawardhana selain itu Juga Bung Karno Presiden Pertama Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Blitar Cabut Izin Padepokan Gus Samsudin

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB
X