Peringati Hari Jadi Blitar ke-698, Bupati Blitar Bersama Forkopimda Ziarah Makam Leluhur

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:43 WIB
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso berziarah ke makam leluhur peringati Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-698. (AGTVnews.com/Nur Ana Alana)
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso berziarah ke makam leluhur peringati Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-698. (AGTVnews.com/Nur Ana Alana)

AGTVnews.com - Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso dan Forkopimda Blitar Raya menggelar ziarah makam leluhur.

Ziarah makam leluhur digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Blitar ke-698.

Ziarah makam leluhur dimulai dari Makam Aryo Blitar di Jalan Pamungkur 24 Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Baca Juga: 7 Kota Terkecil di Indonesia, Salah Satunya Blitar Jawa Timur

Rombongan lalu bergerak menuju Petilasan Syekh Subakir di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Ziarah kemudian dilanjutkan ke Presiden pertama RI Ir Soekarno. Dan diakhiri dengan ziarah ke Pangeranan atau makam Adipati Blitar di Jalan Sultan Agung Kota Blitar.

Usai memanjatkan doa dan tabur bunga Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, bahwa ziarah makam leluhur ini adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun sekali.

Baca Juga: Soal Padepokan Gus Samsudin Polisi Blitar Gelar Mediasi, Begini Hasilnya

"Ini adalah rangkaian peringatan Hari Jadi Blitar ke-698. Ini adalah bentuk penghargaan kami kepada para pendahulu kita," ujar Mak Rini.

Dia menambahkan, selain di momen Hari Jadi Blitar ke-698, ia juga mengajak generasi muda untuk mengenal tokoh-tokoh besar yang berjasa bagi Blitar.

"Ini juga sebagai contoh agar ditiru generasi muda. Saya harap kedepan semakin banyak generasi muda yang mencintai sejarah. Terutama sejarah Blitar itu sendiri," terangnya.

Baca Juga: Promo Wisata di Blitar Selama Bulan Agustus 2022, Ada Pantai Hingga Wahana Edukasi

Terakhir, orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu juga menekankan bahwa semangat Hari Jadi Blitar ke -698 ini harus dijadikan momen untuk bangkit. Utamanya di sektor perekonomian yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar agar Hari Jadi Blitar dijadikan sebagai momentum untuk bangkit. Utamanya bangkit dari keterpurukan ekonomi yang sempat melanda kita semua selama pandemi," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X