• Sabtu, 20 Agustus 2022

Razia Perbatasan, Polisi Larang Hewan Ternak Dari Daerah PMK Masuk Blitar

- Selasa, 17 Mei 2022 | 13:05 WIB
Razia Perbatasan, Polisi Blitar Larang Hewan Ternak Dari Daerah PMK Masuk Blitar (Nur Ana alana)
Razia Perbatasan, Polisi Blitar Larang Hewan Ternak Dari Daerah PMK Masuk Blitar (Nur Ana alana)

AGTVnews.com - Upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan. Di Blitar, polisi bahkan melakukan razia terhadap hewan ternak yang hendak masuk wilayah Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan, pihaknya telah membentuk Satgas Pencegahan PMK. Anggota Satgas terdiri dari kepolisian dan instansi terkait.

"Tugasnya salah satunya adalah memantau hewan ternak di pasar hewan. Karena kebetulan di Kota Blitar ada pasar hewan yang cukup besar, yakni pasar hewan Dimoro. Petugas akan memastikan SOP yang dilaksanakan di pasar hewan Dimoro sudah sesuai prosedur," ujar Argo, Selasa, 17 Mei 2022.

Baca Juga: Soal Ustaz Abdul Somad Dideportasi Dari Singapura Jadi Atensi Kemenkumham

Dia menambahkan, prosedur yang harus dilakukan adalah pengecekan dokumen. Jika dokumen tidak dibawa atau dokumen meragukan akan langsung ada dokter hewan yang memeriksa kondisi kesehatan hewan.

"Kemudian juga sebelum masuk harus dibersihkan. Tadi sudah kami cek, semua siap," tuturnya.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Ditahan Imigrasi Singapura, Tidak Dideportasi Tapi..

Argo menegaskan, selain di pasar hewan Dimoro, pihaknya akan terus memelototi distribusi hewan yang masuk wilayah hukumnya dengan melakukan razia.

"Jadi petugas kami juga melakukan razia ke perbatasan. Untuk hewan ternak yang berasal dari daerah yang terdapat kasus PMK sementara tidak diperbolehkan masuk," tegasnya.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X