• Kamis, 26 Mei 2022

Terkait Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Hewan Ternak, Pemkab Blitar Minta Alokasi Vaksin ke Gubernur

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:12 WIB
Terkait Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Hewan Ternak, Pemkab Blitar Minta Alokasi Vaksin ke Gubernur (Foto: Nur Ana Alana / AGTVNews.com)
Terkait Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Hewan Ternak, Pemkab Blitar Minta Alokasi Vaksin ke Gubernur (Foto: Nur Ana Alana / AGTVNews.com)

AGTVNews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Peternakan Dan Perikanan bersurat ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Hal ini dilakukan untuk meminta alokasi vaksinasi hewan ternak, untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK). Mengingat dibeberapa daerah di Jawa Timur, sudah ditemukan kasus PMK pada hewan ternak.

"Kalau saat ini memang vaksinasi dari pemerintah masih dipusatlan pada daerah yang sudah terkonfirmasi dan daerah yang rawan. Kita tentu akan bersurat ke Gubernur, agar dialokasikan vaksin," kata Toha Mashuri, Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar, Jumat 13 Mei 2022. 

Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Tak Ada Operasi Yustisi Pendatang Baru Ibu Kota

Menurut Toha, antisipasi mewabahnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di Kabupaten Blitar wajib diantisipasi. Kerena Kabupaten Blitar juga merupakan kantongnya hewan ternak.

"Jadi perlu diketahui bahwa di Kabupaten Blitar juga kantongnya ternak. Kita punya sekitar 149.612 ekor sapi. Cukup besar di Jatim, kalau tidak salah nomor 2. Sehingga perlu juga diantisipasi," tegasnya.

Jika penyakit yang disebabkan virus ini dibiarkan, imbuh Toha, maka lama kelamaan bisa menjadi wabah. Otomatis mengurangi populasi hewan ternak. Sebab akan banyak yang disembelih hingga mati.

Baca Juga: Waspadai Deretan Tanda Makhluk Halus Ingin Berkomunikasi dengan Manusia

"Hewan yang diserang tidak hanya sapi, tapi jenis ruminansia. Bisa kambing, kerbau, domba, dan lain-lain. Nah kalau lama kelamaan kalau ini menjadi wabah, maka akan mengurangi jumlah populasi. Makanya sebagai daerah kantong ternak, Kabupaten Blitar juga harus diamankan," jelas Toha.

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X