• Jumat, 27 Mei 2022

Tak Mau Kecolongan, Pemkot Kediri Masifkan Upaya Pencegahan Hepatitis Akut Misterius pada Anak

- Kamis, 12 Mei 2022 | 09:50 WIB
Pemkot Kediri masivkan sosialisasi pencegahan  hepatitis akut pada anak (Diskominfo Kota Kediri)
Pemkot Kediri masivkan sosialisasi pencegahan hepatitis akut pada anak (Diskominfo Kota Kediri)

AGTVnews.com - Mencegah munculnya penyakit hepatitis akut misterius pada anak di Kota Kediri, pemerintah setempat melakukan upaya dengan memberikan sosialisasi untuk selalu menjaga pola hidup bersih.

Sosialiasi ini dibagikan pemerintah Kota Kediri secara masiv ke sekolah-sekolah dan langsung kepada para siswa.

"Karena pada umumnya penyakit Hepatitis ini menyerang anak-anak usia 15 tahun kebawah, utamanya usia 10-12 tahun maka kami bergerak cepat, diawali dengan sosialisasi kepada para siswa, guru, dan wali murid guna meningkatkan kewaspadaan," terang dr. Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Baca Juga: 10 Kanal YouTube Bertema Survival yang Wajib Ditonton, Mulai Menjelajahi Hutan Hingga Pengalaman Horor

Saat ini WHO telah menetapkan Hepatitis Akut ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) lantaran kasusnya terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

"Sebelumnya kita mengenal ada 5 jenis Hepatitis yakni A,B,C,D,E dan untuk jenis A dan B anak-anak kita sudah mendapatkan imunisasi dasar. Kemudian munculah Hepatitis Akut ini yang mana penyebabnya belum diketahui secara pasti pun juga obatnya,"terangnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Anime Terbaru Spring 2022 yang Wajib Ditonton, Salah satunya Berkisah Tentang Menemukan Keluarga

Fauzan menyebut jika secara umum penyakit hepatitis menular melalui makanan dan menginfeksi saluran pencernaan.

Gejala klinis yang yang sering muncul pada umumnya demam ringan, mual, muntah, diare, warna urin seperti air teh, feses berwarna kuning pucat dan kulit berwarna kekuning-kuningan.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X