• Rabu, 5 Oktober 2022

Pemkab Tulungagung Persilahkan Desa Rawat Arca Dwarapala, Asal Bisa Memenuhi Syarat

- Kamis, 3 Maret 2022 | 13:17 WIB
Arca Dwarapala  yang ditemukan di Tulungagung. (Foto: Firmanto Imansyah)
Arca Dwarapala yang ditemukan di Tulungagung. (Foto: Firmanto Imansyah)

AGTVNews.com - Arca Dwarapla yang ditemukan pada Sabtu  26 Februari 2022 lalu, baru dilaporkan kepada Pemkab Tulungagung beberapa hari setelah penemuan, laporan tersebut baru dilakukan setelah informasi penemuan tersebut menyebar di komunitas cagar budaya Tulungagung.

Berdasarkan informasi yang diterima Agtvnews.com,pihak desa sebenarnya ingin mengoleksi temuan temuan tersebut dalam sebuah pendopo mini yang telah dipersiapkan, sebagai upaya pelestarian benda kuno di wilayah Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.

Mengingat, bukan kalii  ini saja temuan benda cagar budaya ditemukan di desa tersebut, sejak sebelum tahun 1990-an sejumlah benda benda kuno berukuran besar sempat ditemukan di desa tersebut.

Baca Juga: Hormati Hari Raya Nyepi, Persik Kediri Pilih Libur Latihan Sementara

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Pamong Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung,Winarto mempersilahkan jika pihak desa ingin mengelola dan mengoleksi benda benda yang ditemukan di wilayahna dengan tujuan untuk edukasi dan pelestarian.

"Tadi memang saya dengar seperti itu,silahkan saja karena diundang undag juga diatur tentang itu, asal bisa memenuhi syarat yang ditetapkan,"jelasnya.

Namun pihaknya mengingatkan, penanggung jawab dari pihak desa harus memenuhi persyaratan seperti memenuhi unsur keamanannya, baik dari potensi perusakan maupun pencurian,kemudian memenuhi unsur pelestariannya seperti perawatan dan keamanan kondisi benda tersebut.

Baca Juga: Simak Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Penuh Makna, Cocok Dibagikan kepada Teman Pemeluk Agama Hindu

"Mulai dari unsur keamananya, unsur pelestariannya dan perawatannya," tambah Winarto.

Winarto menambahkan,jika pihak desa belum memiliki kesiapan maka selanjutnya,pihaknya melalui prosedur yang ada akan memindahkannya ke Museum Tulungagung yang telah memiliki tempat dan cukup layak untuk pelestarian benda cagar budaya.***

Editor: Eva Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X