• Rabu, 5 Oktober 2022

Dikira Gundukan Tanah, Warga Tulungagung Temukan Arca Dwarapala Tengkurap Saat Menggali Gudang untuk Mesjid

- Kamis, 3 Maret 2022 | 11:34 WIB
Arca Dwarapala  yang ditemukan di Tulungagung. (Foto: Firmanto Imansyah)
Arca Dwarapala yang ditemukan di Tulungagung. (Foto: Firmanto Imansyah)


AGTVNews.com - Warga Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol Tulungagung digemparkan dengan temuan arca Dwarapala atau yang lebih dikenal dengan Retjo Pentung, saat menggali tanah uruk untuk pembangunan gudang masjid di lokasi setempat.

Fuad, salah satu saksi mata mengatakan, arca Dwarapala dengan posisi duduk jengkeng dengan kedua tangan memegang gada tersebut ditemukan pada Sabtu 26 Februari 2022 siang yang lalu.

"Nemunya Sabtu kemarin mas,ya jam jam 9 gini ini nemunya,pas lagi nggali tanah di belakang,"ucapnya pada hari ini Kamis 3 Maret 2022. 

Baca Juga: Jangan Lewatkan Kode Redeem PUBG Mobile Terbaru Kamis 3 Maret 2022,Dapatkan Berbagai Hadiah dari Tencent Games 

Fuad mengatakan, orang pertama yang menemukannya adalah ayahnya sendiri yang sedang mencangkul di bagian belakang gudang, saat kedalaman tanah sepaha orang dewasa, tiba tiba cangkulnya membentur benda yang sangat keras.

Awalnya benda tersebut dikira batu besar karena bagian yang terlihat pertama kali adalah bagian punggung arca, kemudian ayahnya memanggil Fuad yang sedang bekerja di depan gudang, untuk bersama sama melihat benda tersebut.

"Posisinya yang kelihatan kan punggungnya, dikiranya itu batu besar kemudian setelah dilihat  lihat kok arca, akhirnya pada gempar," jelasnya.

Baca Juga: Ramalan Shio Ayam, Kamis 3 Maret 2022, Manjakan Anda Dengan Makanan Enak Atau Mencoba Resep Baru di Rumah

Perlu tenaga tiga orang dewasa untuk mengangkatnya dari tanah dan memasukkannya ke dalam kereta dorong kemudian dibersihkan dengan guyuran air.

"Ngangkatnya aja 3 orang ke kereta dorong, kemudian dibawa ke depan lalu dibersihkan,"jelasnya.

Kemudian arca Dwarapala dengan tinggi sekitar 60 centimeter tersebut diamankan ke lokasi makam yang ada di dekat tempat penemuan untuk disimpan sementara waktu.

Baca Juga: Ida Fauziyah Sedang Lakukan Revisi Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Persyaratan Serta Pembayaran JHT

Sementara itu, Pamong Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, Winarto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur untuk mendalami usia maupun karakter dari temuan tersebut.

"Kita koordinasi dengan BPCB dulu,selanjutnya bagaimana,sekaligus kita laihat nanti dilokasi," terangnya.

Winarto menyebut, menurut warga sekitar penemuan, tahun 1990an dahulu sempat ditemukan juga arca serupa namun warga yang menggali tanah tersebut memilih untuk menguburnya lagi,pihaknya menduga temuan arca kali ini ada kaiatnnya dengan arca sebelumnya tersebut.***

Editor: Eva Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X