• Sabtu, 28 Mei 2022

Hangus Terbakar, Tradisi Cuci Patung Dewa Jelang Imlek Tetap di Lakukan di Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:27 WIB
Hangus Terbakar, Tradisi Cuci Patung Dewa Jelang Imlek Tetap di Lakukan di Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar (Foto : Nur Ana Alana / AGTVnews)
Hangus Terbakar, Tradisi Cuci Patung Dewa Jelang Imlek Tetap di Lakukan di Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar (Foto : Nur Ana Alana / AGTVnews)

AGTVnews.com - Tradisi cuci patung dewa menjelang perayaan Imlek di Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar tetap akan dilakukan.  Meski seluruh patung dewa di klenteng tersebut hangus akibat kebakaran beberapa waktu lalu.

Ritual pencucian patung dewa akan dilakukan Minggu 30 Januari 2022. Atau dua hari menjelang perayaan Imlek.

Ketua 1 Klenteng Poo An Kiong, Alik Swan Kiang mengatakan, sebelum dilakukan ritual pencucian, seluruh patung dewa  dilapisi resin. Hal ini dilakukan karena seluruh patung dewa yang mayoritas terbuat dari kayu kondisinya sudah hangus dan rapuh.

Baca Juga: Antusiame Tinggi, 4000 Warga Tulungagung Daftar Vaksinasi Dosis Ketiga Setiap Harinya

"Ini kami lapisi resin agar keras.  Kemudian nanti tetap akan dilakukan ritual pencucian pada hari Minggu. Dua hari sebelum perayaan Imlek," ujar pria yang akrab disapa Alik itu, Kamis (27/1/2022).

Selain rusak, Alik mengakui, saat peristiwa kebakaran di Klenteng Poo An Kiong banyak patung yang hilang. Salah satunya patung tertua yang berusia sekitar 140 tahun.

"Patungnya lumayan banyak karena ada tujuh altar. Yang terbakar itu banyak yang sudah ratusan tahun. Yang utama itu usianya sekitar 140 tahun  juga hilang," tuturnya.

Baca Juga: Resmi Dilaunching Akhir Januari, Begini Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 5G

Sementara untuk prosesi peribadatan lainnya saat perayaan Imlek akan  tetap dilaksanakan. Namun dibatasi hanya untuk pengurus saja. Untuk prosesi perayaan Imlek yang melibatkan banyak orang,  selama pandemi memang ditiadakan oleh pengurus Klenteng Poo An Kiong.

"Mengingat situasinya sepertinya hanya akan ada pengurus yang melaksanakan ritual peribadatan di sini," ujarnya.

Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar terbakar pada Senin (22/11/2021) sore. Seluruh bagian ruangan klenteng beserta isinya ludes dilalap api.

Baca Juga: Berikut Hasil Lengkap Drawing Liga 3 Nasional, Persedikab Kediri Berada di grup Ini

Hasil analisa Tim Labfor Polda Jatim setelah dilakukan uji laboratorium terhadap sejumlah benda bekas kebakaran di Klenteng Poo An Kiong, korsleting listrik menjadi menyebabkan klenteng berusia lebih dari 130 tahun itu terbakar.***

 
 

Editor: Eva Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X