• Selasa, 18 Januari 2022

Tragis, 5 Penderita HIV AIDS di Tulungagung Alami Gangguan Jiwa

- Jumat, 3 Desember 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi, ODHA Penderita HIV AIDS Tidak Boleh Dijauhi. (Yayasan AIDS Indonesia)
Ilustrasi, ODHA Penderita HIV AIDS Tidak Boleh Dijauhi. (Yayasan AIDS Indonesia)

AGTVnews.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tulungagung menemukan kasus orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Tulungagung yang ternyata dalam kondisi gangguan jiwa.

Sekretaris KPA Kabupaten Tulungagung, Ifada Nur Rahmania mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya terdapat 5 ODHA dengan Gangguan jiwa di Kabupaten Tulungagung.

Dimana 2 diantaranya sudah meninggal sedangkan 3 lainnya masih aktif menjalani pengobatan untuk penyembuhan penyakit jiwanya sekaligus penyakit aslinya.

Baca Juga: Persik Kediri vs Persita Tangerang, Ada Mantan Pemain yang Siap Beri Kejutan

"Kita temukan 5 kasus. Gangguan jiwa yang mereka alami ini macam-macam, ada yang scizofrenia semacam itu, jadi mereka selama ini masih ada di rumah namun kondisi jiwanya terganggu," ujarnya.

Ifada menjelaskan, temuan ini bermula dari surveillance yang dilakukan oleh pihaknya bersama dengan Dinas Kesehatan maupun LSM peduli HIV AIDS di Tulungagung.

Kemudian pihaknya melakukan pendalaman, dengan melakukan assesment kepada sejumlah ODHA yang sempat berhenti mengkonsumsi obat rutin ARV. Rupanya ditemukan tanda tanda gangguan kejiwaan pada mereka.

Baca Juga: Gedung Cyber Terbakar Akibatkan 2 Korban Meninggal dan 1 Luka Berat

"Jadi awalnya kita temukan ODHA yang putus pengobatan kemudian kita lakukan assesment kok ada arah gangguan kejiwaan. Makanya kita lakukan pendalaman lagi dan memang iya ada gangguan jiwanya," jelas Ifada.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Rumah di Tulungagung Rusak Dilanda Hujan Angin

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:14 WIB
X