• Selasa, 18 Januari 2022

Bupati Blitar Buka Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Dirangkai Penyerahan Seed Funding USAID JAPRI

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:08 WIB
Bupati Blitar, Rini Syarifah memberikan sambutan pada perayaan Hari Disabilitas dan penyerahan Seed Funding USAID JAPRI di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu 1 Desember 2021. (Nur Ana Alana/AGTVnews.com)
Bupati Blitar, Rini Syarifah memberikan sambutan pada perayaan Hari Disabilitas dan penyerahan Seed Funding USAID JAPRI di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu 1 Desember 2021. (Nur Ana Alana/AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Bupati Blitar Rini Syarifah membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh setiap tanggal 3 Desember. Peringatan HDI digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu 1 Desember 2021.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, pemerintah pusat telah mendorong percepatan di daerah dengan menggelar penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dan Kabupaten Layak Anak (KLA).

APE merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan dan stakeholder daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Baca Juga: 700 Penderita Baru HIV Aids Ditemukan di Tulungagung Selama Pandemi

Bupati Blitar Rini Syarifah menambahkan, sedangkan penghargaan KLA, diberikan kepada Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

"Dalam etape ini, Kabupaten Blitar adalah peraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama pada Tahun 2021, dan peraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya Tahun 2021."

"Kabupaten Blitar juga merupakan peraih penghargaan Good Practice Award Ayo Inklusif Tahun 2018, dengan Inovasi Kampung Peduli Disabilitas di Desa Resapombo Kecamatan Doko yang merupakan penghasil Batik Ciprat berbasis komunitas," ujar wanita yang akrab disapa Mak Rini tersebut.

Baca Juga: Pria di Blitar Mengamuk Tanpa Sebab Sering Berhalusinasi, Anggap Tetangga Sebagai Binatang Buas

Peringatan HDI juga dirangkai dengan Penyerahan Seed Funding USAID Jadi Pengusaha Mandiri (JAPRI). Pada kurun waktu 2018-2021, USAID JAPRI hadir dengan program-program pelatihan kewirausahaan, bagi kawula muda, masyarakat disabilitas dan kaum perempuan.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Rumah di Tulungagung Rusak Dilanda Hujan Angin

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:14 WIB
X