• Senin, 17 Januari 2022

Masuk Daerah Waspada Bencana, BPBD Tulungagung Ingatkan Warga di Dataran Tinggi

- Minggu, 21 November 2021 | 17:36 WIB
bencana tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. (Firmanto Imansyah/AGTVnews.com)
bencana tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. (Firmanto Imansyah/AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Kabupaten Tulungagung masuk ke dalam daftar 25 Kabupaten/Kota dengan kategori waspada. Hal ini berdasarkan hasil rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tulungagung Soeroto mengatakan, akan meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan.

"Iya itu informasi dari BMKG secara resmi. Tulungagung masuk dalam waspada karena beberapa kali terjadi bencana tanah longsor," jelasnya, Minggu 21 November 2021.

Baca Juga: Debut di GIIAS 2021, Berikut Deretan Hal Baru yang Diusung KIA

Meski masuk dalam kabupaten waspada, namun masyarakat diminta tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab status waspada lebih rendah potensi bencananya dibandingkan dengan status siaga.

"Tapi masyarakat ya tidak boleh lengah dan mengabaikan, walaupun seperti itu peringatan ini juga harus diperhatikan oleh mereka yang tidak hanya tinggal di wilayah rawan saja namun juga yang sering beraktifitas di lokasi tersebut," ucapnya.

Dengan adanya status waspada ini, pihaknya meminta anggota BPBD untuk mempersiapkan diri dan peralatan jika sewaktu waktu diharuskan terjun ke lokasi bencana.

Baca Juga: Mobil Dinas Pengadilan Negeri Trenggalek Alami Kecelakaan di Blitar

Soeroto juga meminta masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana seperti kecamatan Pagerwojo, Sendang dan lokasi ketinggian lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan kepada petugas jika menemukan tanda tanda potensi bencana yang akan terjadi.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Goreng Murah Tersedia di Operasi Pasar Kediri

Jumat, 14 Januari 2022 | 13:52 WIB
X