• Senin, 17 Januari 2022

Masuk Musim Penghujan Blitar Selatan Berpotensi Banjir, Masyarakat Wajib Waspada

- Sabtu, 13 November 2021 | 11:41 WIB
Hujan Berjam-jam Sejumlah Desa di Blitar Terendam Banjir
Hujan Berjam-jam Sejumlah Desa di Blitar Terendam Banjir

AGTVnews.com - Memasuki musim penghujan, masyarakat di wilayah Blitar selatan diminta untuk lebih waspada dengan adanya ancaman banjir.

Hal ini karena kondisi perbukitan di wilayah Blitar selatan gundul. Kondisi hutan gundul ini semakin meluas.

Pemerintah daerah setempat juga sudah mengimbau masyarakat untuk menjaga tanaman yang ada di hutan, agar tidak semakin hilang.

Baca Juga: Dipanggil TC Perkuat Timnas, Elkan Baggot : Terima Kasih Indonesia

"Untuk mengantisipasi banjir, hutan tidak boleh gundul. Kita selalu menginformasikan kepada masyarakat untuk menjaga tanaman keras agar hutan tidak gundul. Masyarakat harus sadar bahwa hutan gundul itu akan berakibat banjir yang sudah kita rasakan. Seperti banjir tahunan di wilayah Kecamatan Sutojayan," ujar Tuti Komariyati, Asisten Pembangunan Dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Blitar.

Tuti menambahkan, selain edukasi dan informasi yang terus diberikan kepada masyarakat, pihaknya juga telah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Perum Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Blitar.

Baca Juga: Jurus Pamungkas Gus Samsudin Akhiri Pertarungan Lawan Jin Pengganggu Keluarga di Kediri

"Kita juga sudah ngomong ke perhutani untuk tegas jika ada pencurian kayu. Serta meminta agar perhutani memberi sosialisasi terus menerus soal ketentuan lahan yang boleh ditanami tanaman untuk kebutuhan ekonomi dan lahan yang memang harus ditanami tanaman keras. Pada situasi seperti ini harus disadari bahwa alam harus dijaga agar tidak terjadi bencana," tegasnya.

Diketahui sejumlah wilayah di Blitar selatan selalu menjadi langganan banjir setiap kali memasuki musim penghujan. Air yang datang, tidak hanya merendam perumahan, namun juga sejumlah lahan pertanian warga.

Baca Juga: Potret Jokowi Keliling Sirkuit Mandalika Menggunakan Motor Kece Abis

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Goreng Murah Tersedia di Operasi Pasar Kediri

Jumat, 14 Januari 2022 | 13:52 WIB
X