• Minggu, 24 Oktober 2021

Capaian Vaksinasi di Kabupaten Blitar Rendah, Kebiasaan Warga Jadi Alasan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:56 WIB
Vaksinasi Covid-19  (Kementerian Kesehatan RI)
Vaksinasi Covid-19 (Kementerian Kesehatan RI)

AGTVnews.com - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blitar masih jauh dibawah target. Sampai pekan kedua Oktober 2021 baru mencapai 48 persen dari sasaran.

Jumlah capaian vaksinasi ini dinilai masih jauh dari target untuk bisa memenuhi persyaratan hidup normal baru sebesar 70 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Endah Woro Utami mengatakan, capaian vaksinasi yang jauh dari target disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah perilaku masyarakat.

"Kesadaran masyarakat kita memang masih perlu ditingkatkan. Mereka kebanyakan pilih-pilih vaksin. Jadi itulah salah satu sebab capaian target belum maksimal," kata Woro kepada redaksi Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Ada Sosok Wanita Bernama Khaizuran

Lebih lanjut Woro menjelaskan, masyarakat Kabupaten Blitar lebih menyukai vaksin Sinovac karena tidak memberi efek samping usai disuntik. "Maunya vaksin Sinovac padahal stoknya terbatas," jelas Woro.

Menurut Woro, jenis vaksin yang paling dihindari oleh warga Blitar adalah merek Astra Zaneca karena takut dengan Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI).

"Alasannya salah satunya karena takut KIPI. Padahal kasus KIPI itu tidak akan terjadi kepada semua orang," imbuhnya.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, capaian vaksinasi memang baru 48 persen. Namun berdasarkan KTP sudah mencapai 55,8 persen. Artinya ada warga yang memilih vaksinasi di wilayah lain.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kakak Beradik Asal Malang Kompak Curi Motor di Blitar

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:32 WIB
X