• Selasa, 18 Januari 2022

5 Alasan Blitar Sering Dikunjungi Tokoh Nasional, Ada Alasan Historis dan Ideologis

- Rabu, 8 September 2021 | 06:00 WIB
Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kota Blitar jadi salah satu magnet tokoh nasional berkunjung ke Blitar. (Linda Kusuma Wardhani)
Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kota Blitar jadi salah satu magnet tokoh nasional berkunjung ke Blitar. (Linda Kusuma Wardhani)

AGTVnews.com - Blitar merupakan kota kecil di Jawa Timur bagian selatan. Meskipun kecil, Blitar adalah kota yang paling sering dikunjungi tokoh nasional.

Blitar memiliki magnet tersendiri bagi para petinggi negeri serta pesohor untuk berkunjung. Mulai dari presiden, menteri, tokoh partai, maupun selebritis.

Setidaknya ada lima hal yang bikin para tokoh nasional kerap sambang ke Blitar. Berikut hasil rangkuman redaksi AGTVnews.com dari berbagai sumber.

1. Terdapat Makam Bung Karno
Kota Blitar menjadi persemayaman terakhir Ir Soekarno, Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Makam Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) yang berada di Jalan Kalasan Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan ini, memang menjadi magnet kuat para tokoh nasional ‘sowan’ ke Blitar.

Baca Juga: Jokowi Didemo Peternak Ayam di Blitar

Sudah menjadi agenda wajib para tokoh nasional untuk berziarah di Makam Bung Karno pada moment tertentu.

Terlebih pada Juni atau yang biasa disebut Bulan Bung Karno, tak hanya tokoh-tokoh nasional, peziarah dari berbagai penjuru nusantara nyekar pusara sang Proklamator.

Berbagai pemugaran, dan renovasi bangunan makam telah dilakukan di area makam. Bahkan pada era Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, yang juga putri Bung Karno, dibangun Perpustakaan Proklamator Bung Karno pada Juli 2004.

Sehingga, kawasan Makam Bung Karno kian lengkap sebagai jujugan wisata.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Rumah di Tulungagung Rusak Dilanda Hujan Angin

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:14 WIB
X