Istana Gebang Kota Blitar, Rumah Bersejarah yang Pernah Ditinggali Presiden Soekarno

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:11 WIB
Istana Gebang Blitar merupakan rumah masa kecil Presiden pertama RI, Soekarno. Rumah tersebut kini dibeli Pemkot Blitar untuk wisata sejarah. (Nur Ana Alana)
Istana Gebang Blitar merupakan rumah masa kecil Presiden pertama RI, Soekarno. Rumah tersebut kini dibeli Pemkot Blitar untuk wisata sejarah. (Nur Ana Alana)

AGTVnews.com - Istana Gebang terletak di Jalan Sultan Agung Kelurahan Bendo Gerit Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar. Istana Gebang merupakan rumah tinggal Soekarno, Presiden RI pertama, semasa masih remaja.

Istana Gebang merupakan rumah peninggalan Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai, orangtua Bung Karno.

Sebelumnya rumah itu adalah milik pegawai kereta api asal Belanda bernama Ch Portier. Tak heran, arsitektur Istana Gebang kental dengan nuansa bangunan Belanda di masa lalu.

Pada tahun 2012, Pemerintah Kota Blitar membeli rumah tersebut kemudian difungsikan sebagai tempat wisata sejarah.

Di halaman depan Istana Gebang, terdapat patung Bung Karno. Sementara di bagian dalam sejumlah perabotan yang dipakai keluarga Soekarno masih tertata rapi lengkap dengan foto-foto yang menghiasi setiap ruangan.

Kompleks Istana Gebang terdiri dari sembilan bangunan. Bangunan utama atau rumah induk yang menjadi tempat tinggal Bung Karno memiliki lima kamar. Rumah induk ukurannya memang cukup luas.

Baca Juga: Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar nan Sejuk

Selain lima kamar juga terdapat ruang keluarga di bagian depan dan tengah. Sementara bangunan lainnya berada di sisi sebelah timur, barat dan belakang rumah induk.

Yang menarik, di salah satu kamar di rumah induk masih tersimpan tongkat peninggalan Bung Karno yang merupakan souvenir yang didapat Bung Karno dari Persatuan Pemuda India pada 14 November 1952.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Terkini

Pelajar SMA di Lamongan borong juara olimpiade UINSA

Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:35 WIB
X