• Sabtu, 23 September 2023

Mengulik kebesaran Kerajaan Majapahit didirikan generasi ke 4 Ken Arok dan Ken Dedes

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:17 WIB
Salah satu Candi peninggalan Majapahit yakni candi Tegowangi yang pembangunannya masih belum selesai. (Instagram / @andrian.lybot)
Salah satu Candi peninggalan Majapahit yakni candi Tegowangi yang pembangunannya masih belum selesai. (Instagram / @andrian.lybot)

AGTVnews.com - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara. Kejayaannya terdengar hingga ke daratan Asia.

Kerajaan Majapahit ini merupakan kerajaan Hindu-Budha yang terakhir dan terbesar di Nusantara.

Kerajaan Majapahit sangat berkaitan erat dengan kerajaan Hindu Budha sebelumnya yakni Kerajaan Singasari.

Disebut-sebut jika Kerajaan Majapahit ini adalah keturunan dari Kerajaan Singasari.

Baca Juga: Hati-hati mesin bisa jadi korban, begini bahaya saat telat mengganti oli mesin yang sering disepelekan wanita

Kisah berdirinya Kerajaan Majapahit ini ini berawal dari hancurnya kerajaan Singasari akibat serangan kerajaan Kediri yang kala itu telah menjadi sebuah kerajaan bawahan.

Dari sinilah kisah besar Majapahit dimulai.

Kala itu, Raja Kertanegara yang merupakan raja terakhir Singasari memerintahkan Raden Wijaya untuk menghalau serangan pemberontakan dari Raja Kediri, yakni Raja Jayakatwang.

Raden Wijaya yang merupakan generasi ke empat dari keturunan Ken Arok dan Ken Dedes. Dirinya diperintah untuk mengatasi serangan kerajaan Kediri di Desa Memeling.

Baca Juga: Lumbung Kopi Mataram Jogja, hidden gem tempat makan bareng keluarga dengan nuansa jadul

Raden Wijaya berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dia mampu mengalahkan musuh dan memukul mundur pasukan kediri dari Desa memeling.

Namun kondisi ini berbeda dengan keadaan di Ibukota Singasari. Ternyata pasukan Kediri berhasil mengalahkan Kertanegara dan menewaskannya.

Bahkan kedua putri kerajaan Singosri putri Puspawati dan Gayatri di tawan dan di bawa pergi ke Kediri. Hanya putri Tribuananeswari yang berhasil lolos.

Dengan gugurnya Kertanegara maka runtuhkah kebesaran Kerajaan Singasari.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X