• Sabtu, 23 September 2023

Apakah orang meninggal dalam kubur mendengar dan menjawab salam? Begini penjelasan Ustadz Arrazy Hasyim

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:03 WIB
Misteri Alam Kubur, Kirim Doa untuk Ahli Kubur agar Menjadi Hadiah.
Misteri Alam Kubur, Kirim Doa untuk Ahli Kubur agar Menjadi Hadiah.

AGTVnews.com - Apakah manusia yang mengajak berbicara kepada orang yang sudah meninggal di kuburan itu diperbolehkan?

Atau apakah orang yang sudah meninggal dapat mendengar dan menjawab salam kita? Hal ini sudah sejak lama menjadi perdebatan diantara umat Islam.

Banyak yang mengatakan hal semacam ini tentunya suatu bentuk kesyirikan. Untuk menjawab hal ini kita perlu merujuk pada riwayat dari Rasulullah SAW.

Sebagaimana dikutip dari ceramah Ustadz Arrazy Hasyim di kanal YouTube At-Tirfasy Channel, ternyata Nabi Muhammad pernah bebicara di depan kubur dan mengajak bicara orang yang sudah meninggal.

Baca Juga: Amalan wirid yang hampir punah, amalkan ini maka Akan dijaga 70 ribu malaikat sepanjang hari

Riwayat ini dapat ditemukan di sebuah hadist shahih Riwayat Imam Ahmad. Pada saat usainya Perang Badar, banyak kaum muslimin yang menjadi korban meninggal.

Dan pada saat para syuhada yang syahid di Perang Badar tersebut akan dimakamkan, Rasulullah SAW berbicara kepada semua para syuhada seraya disebutkan namanya satu persatu.

"Nabi Muhammad menyebutkan semua nama-nama syuhada satu persatu, wahai fulan bin fulan, wahai fulan bin fulan dan seterusnya. Betulkan kalian mendapatkan janji Allah jika memperjuangkan agama Allah maka Allah akan membantu?"

Dari sini dapat diambil pelajaran bahwa nabi dengan secara tidak langsung mengajak bicara dengan orang yang sudah meninggal.

Baca Juga: Sejarah lahirnya bahasa Jawa moderen dan aksara hanacaraka

Pada saat kejadian itu sahabat Umar bin Khattab bertanya "Wahai Ya Rasulullah, mengapa Engkau mengajak bebicara mereka yang sudah tiada?"

Lalu Rasulullah menjawab "Demi Allah mereka ini mendengar tapi tak bisa menjawab, sungguh dia senang jika kau berkunjung kepada mereka."

Berdasarkan hadist ini banyak yang berpendapat bahwa orang yang berada di dalam kubur dapat mendengar dan menjawab salam.

Dalam ceramahnya Ustadz Arrzy Hasyim menambahkan, "mereka itu ibarat teman dan saudara kita yang kalau tidak dikunjungi akan bersedih, apalagi tak pernah dikirimi doa dan fatihah."

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Sumber: YouTube At-Tirfasy Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X