Spesifikasi Laptop Merah Putih Disorot Pakar, Disebut Mahal Banget

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:48 WIB
ilustrasi laptop. Spesifikasi Laptop Merah Putih disorot pakar. (AGTVnews.com)
ilustrasi laptop. Spesifikasi Laptop Merah Putih disorot pakar. (AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merencanakan digitalisasi pendidikan. Salah satunya dengan pengadaan Laptop Merah Putih.

Kementerian yang dipimpin Nadeim Makarim ini telah menganggarkan dana Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu unit Laptop Merah Putih.

Dengan anggaran sebesar itu, maka satu unit Laptop Merah Putih setara harga Rp10 juta.

Netizen pun ramai-ramai menyoroti anggaran pengadaan Laptop Merah Putih dan memperhatikan spesifikasi yang dijanjikan.

Seorang komika yang juga praktisi Information Technology (IT), Sammy Notaslimboy turut berkomentar, melihat spesifikasi dari bakal Laptop Merah Putih.

Baca Juga: Cek Syarat Penerima BSU, Kamu Termasuk ?

Yakni memiliki memori bawaan 4 GB DDR4, ukuran layar monitor LED-nya 11 inci, dengan dapur pacu diisi prosessor Core 2, Frekuensi > 1,1 GHz, Cache 1 M, dan memiliki optimalisasi kerja untuk pendidikan layaknya sebuah Chromebook.

Namun menurut akun @rasjawa, dengan nilai Rp10 juta yang dipatok, Chromebook sejenis pada merek lain bisa dijejali spesifikasi lebih canggih.

“Bener2 emosi memuncak melihat "Laptop Merah Putih" seharga 10 juta yang akan dibeli pemerintah, ternyata hanya spesifikasi Chrome Book. Bahkan sebuah chrome Book Baru harganya Gak sampe 5 juta. Gede amat selisih harganya!!” katanya menuliskan, dikutip Pikiran-rakyat.com dalam artikel berjudul: Spesifikasi Laptop Merah Putih Rp10 Juta Cuma Setara Chromebook

Ia membagikan komentar netizen lain dari platform Facebook, milik akun Ibnux, yang menyatakan dengan angka yang sama pelajar bisa mendapatkan i5 keluaran Asus dengan lisensi Windows.

Netizen lain menambahkan, merek SPC dengan spesifikasi yang sama sekali mirip dipatok harga Rp5,9 jutaan.

Namun, nilai Rp10 juta tersebut baru didapat dari kesimpulan para netizen.

Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan pernyataan melalui laman resminya. Anggaran senilai Rp2,4 triliun untuk pembiayaan bagi 16.713 sekolah berupa 284.147 laptop produksi dalam negeri dengan sertifikat TKDN dan juga peralatan pendukungnya seperti 17.510 wireless router, 10.799 proyektor dan layarnya, 10.799 konektor, 8.205 printer, dan 6.527 scanner.

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X